Cara Mengetahui Kesehatan Baterai Smartphone

Thursday, January 21st 2016. | Blog, Gadget, Tutorial
Sponsored Links
mengetahui kesehatan baterai smartphone

mengetahui kesehatan baterai smartphone

Baterai merupakan sumber daya utama dari Smartphone supaya dapat dioperasikan. Baterai terkadang malah menjadi kendala yang serius bagi pengguna smartphone seperti halnya kasus dimana baterai smartphone tiba – tiba meledak dan melukai penggunanya.

Hal inilah yang patut diwaspadai bagi setiap pengguna smartphone. Baterai smartphone memiliki daya ledak yang cukup tinggi oleh karena itu perawatan dan penggunaanya juga harus diperhatikan. Pengguna harus tahu kesehatan baterai agar baterai tetap aman saat digunakan.

Berikut tips untuk mengetahui kesehatan baterai smartphone :

  1. Lihat kondisi fisik baterai

Ada dua karakteristik dari baterai pada smartphone saat ini. ada smartphone yang memungkinkan untuk dilepas beterainya ada pula smartphone yang tidak memungkinkan untuk dilepas baterainya.gopego_baterai_rusak_smartphone_big

Untuk smartphone yang memungkikan dilepas baterainya, pengguna bisa langusung melepas baterainya untuk melihat kondisi fisik baterai. Apabila tubuh baterai mengalami penggelembugan, ada baiknya pengguna mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru. sebenarnya ada cara untuk mengatasi baterai yang menggelembung dan sering ngedrop, salah satunya adalah dengan memasukan baterai tersebut ke dalam freezer. Namun cara demikian kurang efektif untuk membuat baterai kembali seperti semula.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari kondisi fisik baterai adalah korosi. Korosi dapat dilihat dari warna logam yang menjadi keputih – putihan atau kehijau – hijauan. Baterai yang sudah mengalami korosi sebaiknya juga segera diganti dan jangan memasukkan kembali baterai tersebut ke dalam smartphone karena dapat merusak elemen – elemen lain pada smartphone.

  1. Putar baterai

Setelah baterai dikeluarkan dari smartphone, putar baterai pada bidang rata. Jika baterai dapat berputar dengan mulus, kondisi baterai tersebut dapat dikatakan buruk.

  1. Periksa daya tahan baterai saat digunakan

Baterai dalam kondisi normal, memiliki batas tertentu untuk waktu penggunaan. Beberapa smartphone bahkan dirancang dengan daya tahan baterai yang tinggi meski digunakan untuk bertelepon, main game atau bahkan aktivitas online.battery-large-gallery-horizontal

Pengguna sebaiknya memperhatikan betul baterai yang apabila dipakai kemudian cepat habis atau mengalami penurunan daya yang drastis. Jika baterai menjadi kosong dalam beberapa jam walaupun jarang digunakan ada kemungkinan baterai tersebut mengalami penurunan kemampuanya. Jika perlu diganti sebaiknya diganti supaya tidak merepotkan untuk melakukan pengisian daya.

  1. Menggunakan tool

Bagi pengguna iOS dapat memasang aplikasi iBackBot. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui detail baterai. Sedangkan untuk pengguna android, dapat mengetikan *#*#4636#*#*.

tags: , ,

Related For Cara Mengetahui Kesehatan Baterai Smartphone