Cara Menjadi Penulis Web atau Blog yang Baik

Saturday, February 27th 2016. | Blog, Tutorial
Sponsored Links

Berbagi pengalaman dengan sesame penulis merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan untuk menulis. Oleh karena itu saya akan membagikan tips cara menjadi penulis di web atau blog yang baik.author

Saya sendiri sebenarnya juga masih baru dalam dunia tulis menulis artikel untuk web atau blog. Bisa dikatakan pengalaman saya masih seumuran jagung di bidang ini. bukan bermaksud sok pintar namun saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi penulis yang masih baru.

Ini merupakan pengalaman yang langsung saya rasakan ketika pertama kali mendapatkan posisi sebagai author di salah satu web. Meskipun demikian saya tetap berusaha untuk berkekplorasi dengan diri saya sendiri untuk meningkatkan kemampuan saya.

Saya sering bertemu dengan bertemu dengan penulis baru. kebanyakan dari mereka juga masih ragu dengan kualitas tulisanya sendiri. selain itu juga masih banyak masalah lain yang mereka ceritakan kepada saya dan ternyata masalah yang dihadapi oleh penulis baru sama dengan masalah yang saya hadapi. Oleh karena itu, bukan bermaksud menggurui namun Cuma berbagi tips yang semoga bermanfaat. Beriktu tips cara menjadi penulis web atau blog yang baik :

  1. Kondisikan emosi kamu

Menulis merupakan kegiatan yang tidak terlalu banyak menguras energy namun cukup banyak menguras pikiran. Otak akan selalu menjadi pusat dimana ide itu akan berkembang. Namun disisi lain sebenarnya juga terdapat faktor vital lain yaitu emosi atau kondisi emosional.

Disadari ataupun tidak disadari, jika kondisi emosional terganggu maka kegiatan menulis pun juga akan ikut terganggu. Beberapa penulis butuh keadaan lingkungan yang tenang dan tidak ada gangguan agar bisa berkonsentrasi dengan tulisanya.

Penulis online adalah yang paling rawan terhadap tulisanya. Kenapa dikatakan rawan, penulis online biasanya dapat mencetuskan ide dari artikel lain yang dibacanya secara online. jika pada waktu tertentu terjadi gangguan jaringan kemudian tidak bisa membaca referensi lain, emosi dari si penulis tersebut akan bergejolak tidak tentu. Hal ini kemudian akan mempengaruhi mood di penulis. Jika hal demikian terjadi maka dia tidak akan bisa melanjutkan tulisanya.

Menjaga kondisi emosional disini dimaksudakan agar kondisi mood penulis tetap baik untuk menulis.

  1. Tulislah apa yang ingin kamu tulis

Menulis bisa dikatakan kegiatan yang paling bebas dilakukan. Dikatakan bebas disini adalah ketika menulis penulis bebas mencetuskan idenya dalam tulisanya meskipun ada kategori khusus yang sudah ditentukan namun kategori tersebut sebenarnya justru malah membuat kegiatan menulis lebih terahkan. Misal ada kategori menulis tentang aplikasi, maka penulis akan lebih dimudahkan untuk berfokus pada aplikasi sehingga tulisanya lebih terarah dan hasil tulisanya juga bisa lebih baik.

Kategori yang sudah ditetapkan tersebut bisa dijadikan sebagai topik utama yang ingin ditulis. Ketika ide sudah melintas di benak, maka penulis sebaiknya segera menuliskan ide tersebut. Tulislah apa yang ingin ditulis, biarkan ide itu mengalir dan ikutilah ide tersebut maka kamu akan menjadi penulis yang tidak terhentikan idenya.

  1. Tingkatkan kemampuan menulismu

Semakin sering penulis menuliskan setiap idenya, maka secara tidak disadari kemampuan menullisnya juga sudah meningkat. Cara lain untuk meningkatkan kemampuan menulis adalah dengan banyak membaca. semakin banyak referensi yang kamu miliki maka ide juga bakalan tidak ada habisnya.

Kebanyakan penulis yang kehabisan ide untuk menulis adalah mereka yang kurang memiliki wawasan yang luas tentang apa yang mereka tulis.

  1. Bekerjalah yang jujur

Jujur, merupakan modal yang paling penting bagi penulis. Penulis yang baik adalah dia yang menjauhi plagiat. Membuat karya yang orisinil dari dalam diri merupakan suatu kebanggaan bagi tiap penulis. Sedangkan menjiplak adalah aib bagi penulis.

Meniru dan memodifikasi adalah hal yang berbeda dengan menjiplak. Setiap penulis sejatinya memiliki gaya tersendiri dalam tulisanya. Dan itulah yang menunjukan ciri khas yang membedakan dirinya dengan penulis yang lain.

  1. Tingkatkan kualitas tulilsanmu

Setelah berhasil menulis dengan lancar, mengembangkan ide secara luas selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tulisan. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca dan disampaikan dengan baik. Kualitas ini sebenarnya juga akan meningkat secara tanpa disadari. Semakin banyak atau semakin sering kamu menulis maka kualitas tulisanmu juga seharusnya semakin membaik.

  1. Jangan mudah menyerah

Jangan mudah menyerah, merupakan jampi – jampi yang harus ditanamkan dalam diri seorang penulis. Ketika ide sudah limit dan kamu sudah kesulitan mencari ide maka kamu jangan langsung berputus asa. Tambhlah wawasanmu dan tambahlah semangatmu karena itulah modal menjadi penulis. Percaya dirilah terhadap tulisanmu.

Itulah beberapa tips singkat untuk menjadi penulis yang baik. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para penulis untuk menjadi penulis yang baik.

tags: , ,

Related For Cara Menjadi Penulis Web atau Blog yang Baik