Cara menyembunyikan file atau folder dengan CMD serta menampilkannya

Sunday, April 10th 2016. | Aplikasi, Blog, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Kadang-kadang Anda mungkin ingin menyembunyikan file atau folder dari orang lain. Ada banyak perangkat lunak yang dapat menyembunyikan file atau mengunci (lock) file atau folder yang kita inginkan. Tapi pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan file atau folder dengan software bawaan windows CMD.

METODE 1: Untuk Sembunyikan

  1. Pilih file atau folder yang ingin Anda sembunyikan, kemudian copy alamat folder tersebut dari Address Bar.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-1
  2. Klik kanan pada Address Bar dan pilih “Copy”.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-2
  3. Klik tombol Start > Run atau klik tombol “Windows + R” pada keyboard untuk membuka menu Run.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-3
  4. Ketikkan “CMD” dan klik Enter.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-4
  5. Ketikkan attribut:

attrib<space>+s<space>+h<space>”lokasi fileatau folder yang ingin anda sembunyikan”, lihat contoh gamabr dibawah atau jadinya seperti ini:

attrib +s +h “D:\Cara-Viz”Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-5

  1. Untuk mem-paste lokasi file atau folder caranya klik kanan > kemudian klik “paste”.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-6
  2. Klik Enter.

METODE 2: Untuk Tampilkan

  1. Caranya hampir sama dengan cara sembunyikan, buka “CMD” / Command Prompt.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-(1)
  2. Kemudian ketikkan attribut:

<space>attrib<space>-s<space>–h<space>”lokasi file atau folder yang ingin anda tampilkan”, lihat contoh gambar dibawah dan jadinya seperti ini:

Attrib –s –h “D:\Cara-Viz”Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-(2)

  1. Klik “Enter”
  2. Jika Anda lupa nama file atau folder, maka jangan khawatir. Cukup ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui file atau nama folder.
  • Pergi ke Command Prompt.
  • Ketik nama drive lokal seperti c atau d di mana Anda telah menyembunyikan file atau folder diikuti “:” dan tekan Enter. Lihat contoh gambar diatas atau jadinya seperti ini “D:” (tanpa kutip).Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-(4.1)
  • Ketik “dir/a” dan tekan Enter.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-(4.2)
  • Sekarang anda dapat melihat nama file attau folder dari daftar.Cara-Menyembunyikan-File-atau-Folder-Dengan-CMD-Step-(4.3)

TIPS

Simpan file atau folder yang ingin Anda sembunyikan di drive lokal yang memiliki banyak file, sehingga tidak ada yang bisa menduga bahwa ada file atau folder tersembunyi.

PERINGATAN

Dengan menggunakan metode ini file atau folder tidak dapat dilindungi password. Siapapun dapat mengunakan metode ini untuk melihat file Anda.

Siapapun dapat melihat data Anda jika “Display of contents of system folder” dan “Show the hidden files” dalam keadaan aktif di Folder Options > View. Jadi pastikan tidak aktif.

Demikian tutorial Cara menyembunyikan file atau folder dengan CMD bila banyak kata yang salah dalam penulisan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

tags: , , ,

Related For Cara menyembunyikan file atau folder dengan CMD serta menampilkannya