Cara Merawat Printer Modifikasi dengan Benar

Sunday, November 20th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Epson__C_110_new_2

Printer inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan baik oleh pribadi maupun oleh perusahaan. Selain harganya terjangkau, printer inkjet juga dapat dimodifikasi sehingga mudah dalam melakukan pengisian ulang tinta di dalam cartridge.

Meskipun sudah melakukan modifikasi terhadap printer, namun printer tersebut juga harus dilakukan perawatan. Cara merawat printer modifikasi dengan benar dapat membuat printer lebih awet.

Berikut cara merawat printer modifikasi dengan benar :

  1. Perlu diperhatikan, posisi botol infuse tinta harus dalam posisi tegak dan sejajar dengan printer. Posisi botolnya tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah karena hal ini akan mempengaruhi tinta saat turun ke cartridge.
  2. Gunakan double tip pada bagian samping printer dan kemudian tempelkan botol infuse tinta pada printer yang sudah ditempeli double tip agar tinta tidak mudah tumpah saat botol tersenggol
  3. Pada umumnya, terdapat dua tutup pada botol infuse tinta. Ketika printer digunakan, tutup kecil pada tabung harus dibuka agar udara dari luar bias masuk sehingga membuat tinta dapat mengalir dengan lancar
  4. Tutup kembali tabung dengan tutup botol yang kecil saat printer tidak digunakan. Dan pastikan juga tutup botol yang besar juga tertutup rapat supaya tinta dalam botol tidak turun dan membanjiri cartridge sehingga tinta meluber kemana – mana.
  5. Gunakan tinta isi ulang dengan merk yang sama. Hal ini memang terdengar sepele namun dampak dari tinta yang berlainan merk dapat mengakibatkan cartridge mampet hingga bahkan rusak
  6. Usahakan printer tetap dioperasikan tiap harinya, minimal digunakan untuk mencetak satu lembar. Ini dimaksudkan agar head printer tidak mampet akibat tinta mengering karena printer tidak pernah digunakan
  7. Jika ingin mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan langsung mencetaknya sekaligus karena dapat membuat cartridge panas dan mudah rusak. Dianjurkan supaya mencetak sebanyak 20 – 30 lembar. Kemudian printer diistirahatkan sebentar baru setelah itu bias mulai mencetak lagi.
  8. Printer modifikasi sering kali mengalami tinta tidak bisa turun atau terdapat celah udara di dalam selang. Istilah ini disebut juga masuk angin. Untuk mengatasinya gunakan menu deep cleaning dari menu maintenance.
tags: , ,

Related For Cara Merawat Printer Modifikasi dengan Benar