Cara Mudah Memperbaiki Laptop Yang Mati Sendiri

Saturday, September 9th 2017. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Perangkat elektronik adalah sebuah perangkat yang lazim di gunakan oleh masyarakat dunia, sebagai bentuk gaya hidup yang semakin moderen dan lifestyle ini. Sebagi piranti yang sangat simple dan biasa di gunakan untuk mempermudah kehidupan manusia, maka laptop di rancang dengan desain dan bentuk yang lebih simple dari pendahulunya, yaitu komputer.

Dalam perkembanganya, komputer telah menjadi sahabat keluarga terutama dalam urusan bekerja. Karena memang di ciptakan sebagai alat untuk kerja atau mempermudah kehidupan manusia menuju ke taraf yang lebih mudah dan efisien. Namun, seiring berjalanya waktu, maka teknologi informasi mampu mengubah dunia dengan di ciptakanya laptop sebagai salah satu alat untuk mengupdate cara bekerja dengan komputer yang sangat rumit dan ribet menjadi lebih simpel dan mudah.

Sekarang ini banyak sekali bermunculan merek laptop yang bersal dari lokal dan non lokal. Yang notabenenya saling berlomba-lomba menciptakan inovasi lebih lanjut sebagai salah satu cara meningkatkan taraf hidup manusia menjadi lebih baik lagi.

Dengan adanya laptop yang relatif simpel ii, maka tak ayal bila laptop juga di kembangkan menjadi beberapa varian yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Seperti laptop gaming, laptop office dan juga laptop grafis. Mereka semua memiliki fungsi yang di rancang sebagai komputer khusus untuk bidang tertentu. Misalkan untuk orang yang relatif menggunakan laptopnya untuk kebutuhan membuat desain, maka mereka membutuhkan laptop yang memiliki tinggi spersifikasi pada bagian grafis, proccesor, Ram dan juga ruang penyimpanan yang melegakan.

Mengapa demikian? Karena untuk membuat desain memerlukan responsifitas tinggi melalui proccesor yang mumpuni, gambar yang bagus melalui grafis yang tinggi, RAM cukup untuk membuka berbagai aplikasi dan juga kapasitas melegakan melalui internal yang luas.

Laptop mendadak mati

Namun dengan tingginya tingkat penggunaan laptop yang semakin hari semakin menjadi vital ini, maka akan banyak sekali masalah yang di alami oleh laptop, seperti hang, mati sendiri, lemot, mancet, dll. Maka sebagai jalan keluarnya adalah membawanya ke tukang servis laptop. Namun taukah anda, bila gejala-gejala tersebut sebenarnya bisa kita benahi dengan tangan kita sendiri tanpa harus menghanguskan fulus. Bagaimana caranya? Banyak sekali alternatif cara mengatasi laptop yang mati sendiri. Jika anda masih penasaran, mari langsung saja simak di bawah ini.

Cara mengatasi laptop yang mati sendiri.

  1. Laptop mati karena panas ( Overheat ).

Laptop mati karena panas adalah salah satu hal sering di alami oleh laptop, umumnya hal ini terjadi karena kebiasaan yang kurang tepat dalam menggunakan laptop. Seperti meletakanya di temapt yang keras, tidak rata, empuk dan juga berbulu. Hal-hal seperti inilah yang mengangu sirkulasi udara pada si laptop sehingga laptop menjadi panas, karena udara panas tidak di keluarkan. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu cukup ubah kebiasaan ini, usahakan mengunakan laptop pada  alas yang rata atau untuk lebih baiknya belilah meja portabel laptop dan juga fan cooler ( kipas pendingin laptop ).

  1. RAM bermasalah.

RAM dalh sebuah perangkat keras yang cukup menjadi bagian penting pada laptop, kemungkinan laptop mati juga dapat di timbulakan karena si Ram berdebu, maka solusinya adalah menghindari tempat berdebu ketika mengunakan laptop dan juga selalu bersihkan bagian kuniangan laptop dengan penghapus.

  1. Pasta proccesor kering.

Jika pasta proccesor kering maka akan berpotensi panas mengalir ke heatsink dan akhirnya merusak si proccesor lalu laptop akan mengalami mati mendadak. Cara memngatasinya adalah membeli pasta Thermal baru lalu mengoleskanya sampai rata pada bagian bawah kipas processor.

  1. Mainboard bermasalah.

Jika laptop mati karena mainboard bermasalah, maka dapat di pastikan jika si mainboard sudah usang, maka solusi yang paling tepat adalah membeli baru. Namun usahakan untuk membeli yang berspersifikasi tinggi karena di zaman yang moderen ini, software menuntuk spersifikasi yang tinggi.

  1. Laptop mati karena bermain game.

Bermain game memang salah satu fitur yang di berikan oleh laptop. Namun perlu di ketahu bahwa laptop yang mendukung untuk beramain game daalah laptop yang berspersifikasi tinggi pada bagian RAM.processor dan juga VGA. Mengapa demikian? Karena untuk bermain game memerlukan kinerja tinggi. Sehingga laptop harus mendukung. Namun, jiak anda tetap memaksa bermain game padahal laptop tidak mempuni, maka wajar bila laptop mendadak mati.

  1. Batrai laptop kritis daya.

Ketika batrai laptop habis, maka laptop akan menurun dayanya dan juga akn mati, maka solusi yang tepat adalah menchargernya. Namun bila anda tidak segera mencharger karena tidak tau, maka solusi kedua adalah memasang notifikasi ( pemberitahuan ) bahwa batrai si laptop sudah kritis daya. Sehingga anda dapat mengetahui jika si laptop telah kehabisan daya, lalu anda pun akan segera menchargernya.

Memang setiap sesuatu tak luput akan sebuah masalah, karena tidak ada buatan manusia yang sempurna. Sehingga sangat wajar bila terjadi masalah pada sebuah perangkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

tags: , , ,

Related For Cara Mudah Memperbaiki Laptop Yang Mati Sendiri