Cara Mudah Menambah Ruang Penyimpanan SSD

Thursday, April 23rd 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Beberapa pengguna komputer pernah bertanya kepada saya, berapa ruang peyimpanan hardisk yang dibutuhkan untuk menginstal windows 8.1? kemudian saoya jawab, untuk windows 8.1 32 bit dibutuhkan 16 GB sedangkan untuk windows 8.1 64 bit dibutuhkan 20 GB.

Namun setelah melakukan clean instal, kemudian melihat ruang penyimpanan bebas yang tersedia ternyata ruang penyimpanan yang telah terpakai bisa melebihi persyaratan sistem di atas. Hal ini mungkin saja bisa terjadi mengingat windows sendiri juga memiliki berbagai fungsi yang sudah diatur oleh windows secara default.

Terdapat tiga fungsi dari windows yang memakan cukup banyak ruang pada SSD. Tiga fungsi tersebut adalah recycle bin, windows driver and system restore dan hibernation. Jika ruang penyimpanan SSD sangat berlimpah maka tidak ada masalah dengan fungsi – fungsi windows tersebut. Namun jika SSD anda memiliki ruang penyimpanan yang sudah menipis maka akan menjadi masalah tertentu bagi anda jika ingin menyimpan file yang lain.

Agar ketiga hal di atas tidak merugikan anda, maka ada baiknya anda melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Mengurangi ukuran recycle bin

Pengguna windows pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Recycle bin merupakan tempat dimana berkas – berkas yang sudah dihapus sebenarnya belum sepenuhnya hilang dari komputer. Berkas – berkas tersebut masih bisa ditemukan lagi di tempat ini.recycle-bin

Recycle bin secara default akan menggunakan 10 persen ruang penyimpanan drive anda. Jika anda merasa ruang yang digunakanya terlalu besar anda bisa mengurangi ukuranya dengan cara klik kanan pada recycle bin kemudian pilih properties. Selanjutnya anda bisa mengubah ukuranya sesuai kebutuhan anda.

  1. Disablekan windows driver and system restoresystem-properties

Windows driver and system restore sangat bermanfaat untuk mengembalikan kondisi windows ke kondisi di waktu tertentu sebelum windows mengalami crash. Alokasi ruang penyimpanan yang dibutuhkan adalah 5 persen. Jika anda merasa restore point tidak terlalu anda butuhkan anda bisa mendisablekan windows driver and system restore point agar tidak memenuhi ruang penyimpanan SSD anda.

  1. Disablekan hibernation

Fungsi hibernation ini hadir di beberapa versi windows seperti pada windows 7, 8 dan 8.1. hibernation berfungsi untuk menjaga agar daya tahan baterai tetap awet. Hibernation akan mematikan laptop secara otomatis apabila laptop tersebut dibiarkan hidup. Namun sayang hibernation memakan ruang penyimpanan SSD yang cukup banyak.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, ruang penyimpananSSD anda akan bertambah lebih banyak sehingga semakin banyak data yang bisa anda simpan pada ruang bebas tersebut.

Incoming search terms:

  • cara memperbesar kapasitas ssd di netbook
tags: , ,

Related For Cara Mudah Menambah Ruang Penyimpanan SSD