CARA MUDAH MENGETAHUI TENTANG KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN KOMPUTER

Thursday, March 31st 2016. | Komputer
Sponsored Links

 

A.Keunggulan Komputer

Heinich dkk . (1986) mengemukakan sejumlah keunggulan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer . Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan . Komputer memungkinkan mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan . Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat mahasiswa dapat melakukan control terhadap aktivitas belajarnya . Penggunaan komputer dalam pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan . Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemaikainya , yang diistilahkan dengan “kesabaran komputer” , dapat membantu mahasiswa yang memiliki kecepatan belajar lambat . Dengan kata lain , Komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat ( slow lelarner ) , tetapi juga dapat memacu efektifitas belajar bagi mahasiswa yang lebih cepat ( fast learner ) .

 

Disamping itu , komputer dapat deprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement terhadap prestasi belajar mahasiswa .

Keuntungan lain dari penggunaan komputer dalan proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relative kecil . Contoh yang tepat untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada matamata kuliah sains dan teknologi .

 

  1. Kelemahan Komputer

Selanjutnya Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan . Disamping memiliki sejumlah kelebihan , komputer sebgai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan . Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer , terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran . Disamping itu . pengadaan . pemeliharaan , dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relative tinggi . Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost beneft analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan . Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dam software . Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai . Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer spesikasinya tidak sama . Disamping kedua hal di atas , merancang dan memproduksi programpembelajaran yang berbaris komputer (computer based onsruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah . Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intesif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus .

Incoming search terms:

  • cara mencari kelemahan jaringan
  • cara mencari kelemahan sistem komputer
  • cara mencari kelemahan sofware dan hadware
  • cara menemukan kelemahan sistem
  • mencari klemahan program
tags: , ,

Related For CARA MUDAH MENGETAHUI TENTANG KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN KOMPUTER