Cara Pemakaian Instagram dan Aplikasinya

Wednesday, March 30th 2016. | Aplikasi, Software, Tutorial
Sponsored Links

gambar0

Setelah melaukan instalasi aplikasi atau software Instagram dan mendaftar di Instagram, selanjutnya kita bisa memulai untuk membagi atau sharing foto di Instagram. Apakah anda pemula dan bingung dalam menggunakan aplikasi Instagram ?

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Kita harus mengenal software Instagram ini, jika kita sudah faham faham akan semua fungsi dari alat-alat dari aplikasi ini, maka kita akan mudah menggunakannya dan pasti senang juga dalam menggunakannya. Memang memakai Instagram sangatlah menyenangkan.

5 TOMBOL UTAMA :

  1. Home
  2. Direct
  3. Explore
  4. Camera
  5. News Feed
  6. Profil

 

  • Penjelasan

 

Pertama kali membuka aplikasi Instagram kita akan dibawa dihalaman Home. Halaman Home adalah tempat semua postingan dari teman-teman yang kita follow dan postingan milik kita sendiri. Kita bisa berinteraksi dengan postingan tersebut, yaitu dengan memberi like (gambar 1a), memberi komentar (gambar 1b), ataupun melaporkannya (gambar 1c). Khusus untuk like bisa juga dilakukan dengan double tapping pada suatu foto. Dalam berkomentar kita bisa menambahkan hastag dan nama user lain.

gambar1

 

  • Hashtag memudahkan pengguna Intagram untuk mengelompokan foto dalam suatu label (gambar 1d). Jika ada pengguna lain yang menggunakan hashtag yang sama hal tersebut pasti lebih menyenangkan. Selain hashtag kita juga bisa menandai teman atau pengguna lain dengan men-tag namanya (gambar 1e).

 

  • Kita bisa melihat waktu dari uatu postingan, yaitu dengan melihat kode di kanan atas (gambar 1f). Ada beberapa kode waktu, diantaranya h (hour) = jam, d (day ) = hari, w (week) = minggu, dan kode lainnya.

 

  • Selain memposting foto kita di publik, kita juga bisa memposting foto di orang tertentu saja. Juga bisa disebut sebagai pesan. Hanya orang tertentu yang kita pilih sebagai orang yang bisa melihat foto kita. Caranya dengan menyentuh tombol Direct (gambar 1g).gambar2

 

  • Di sebelah tombol Home terdapat tombol Explore. Di Explore terdapat beberapa postingan dari beberapa user yang kita kenal maupun postingan yang populer ni negara kita.

 

  • Tombol paling tengah adalah tombol Camera, setelah kita menekan tombol Camera kita diberi 2 pilihan antara memilih foto di gallery (gambar 3a) atau foto jepretan baru (gambar 3b). Jangan lupa untuk mengedit foto yang akan kita publis di Instagram. Didalam ruang Camera ini, selain digunakan sebagai Camera pengambil gambar juga terdapat fungsi lain yaitu perekam video (gambar 3c).gambar3

    gambar 4

 

  • Selanjutnya tombol News (gambar 4), di dalamnya terdapat 2 tab : Following Tab dan News Tab. Di News Tab berisi tentang pemberitahuan-pemberitahuan baru seperti kegiatan dari user yang kita follow ataupun dari follower kita yang baru.gambar5

 

  • Tombol yang terakhir adalah Profil (gambar 5), disini kita bisa melihat berapa jumlah total postingan, pengikut, dan user yang kita ikuti. Terdapat juga tombol Edit your profil untuk mengganti iformasi tentang profil kita. Selain itu ada 4 tombol lagi di Profil yang memperlihatkan tentang semua postingan yang berkaitan dengan kita.

tags: , ,

Related For Cara Pemakaian Instagram dan Aplikasinya