Cari Tahu Yuk Penyebab Komputer Hang

Thursday, December 8th 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links
komputer mengalami hang

komputer mengalami hang

Pengguna komputer pasti sudah tidak asing kan dengan istilah komputer hang? Maksud dari komputer hang ini adalah komputer mengalami macet sehingga tidak bisa dioperasikan sama sekali. Contoh kasus ketika komputer hang adalah mouse tidak bisa digerakan, keyboard juga tidak bisa merespon setiap perintah yang dimasukan dan masih banyak lagi kejadian – kejadian lain yang menyangkut komputer hang. Intinya adalah ketika komputer hang komputer tidak akan bisa bekerja lancar seperti biasanya.

Lalu apakah penyebab komputer hang?

Betapa menjengkelkanya kalau kita mengalami kejadian komputer hang. Semua kerjaan jadi menumpuk, aktivitas ataupun hiburan juga jadi terganggu akhirnya yang ada hanyalah bad mood yang melanda. Oleh karena itu cari tahu yuk penyebab komputer hang supaya kita semua minimal bisa mengantisipasi dan bahkan mungkin menangani sendiri ketika kita mengalami masalah komputer hang.

Beberapa penyebab komputer hang adalah sebagai berikut:

  1. Software yang tidak kompatibel

Banyak pengguna komputer yang tidak mengetahui spesifikasi dari komputernya sendiri. Pernah di waktu kuliah saya bertanya kepada teman – teman kuliah saya, hampir 90 persen mereka tidak tahu spesifikasi komputer mereka sendiri. Ketidak tahuan dari pengguna komputer terhadap spesifikasi komputernya inilah yang menjadi penyebab komputer hang ketika menjalankan program atau aplikasi karena software yang mereka pasang tidak kompatibel dengan spesifikasi komputer yang mereka miliki.

  1. Virus

Virus atau program jahat komputer lainya merupakan penyebab komputer sering mengalami hang. Virus yang sudah berhasil menyusup ke dalam komputer dapat bekerja sendiri diluar sepengetahuan pemilik komputer. Program jahat ini mampu memodifikasi setiap file, mengcopy, mendelete dan lain sebagainya dan secara tidak anda sadari setiap kali program jahat ini berulah dia juga akan ikut menggunakan RAM komputer anda. Akibatnya kerja komputer juga ikut terbebani oleh adanya virus ini.

  1. Hard disk yang sudah udzur

Komputer hang juga bisa disebabkan oleh kondisi hard disk yang sudah termakan usia. Semakin banyak file, program atau aplikasi yang anda lepas pasang akan mengakibatkan hard disk mengalami banyak bad sector. Akibatnya kerja hard disk tidak maksimal dan komputer menjadi berat atau lambat. Jika hal ini terus dibiarkan lama kelamaan komputer akan sering mengalami hang.

  1. Hard disk tidak pernah di defragmentasi

Defragmentasi istilah yang digunakan untuk memampatkan atau menyusun file – file yang letaknya tidak beraturan di dalam hard disk supaya tersusun lebih rapi. Jika anda masih bingung dengan istilah defragmentasi ini saya berikan gambaran singkatnya. File yang anda simpan di dalam komputer sebenarnya akan disimpan di hard disk. file yang anda simpan kemudian anda pindah atau anda hapus juga akan mengubah letaknya di dalam hard disk. begitu pula program atau aplikasi yang anda pasang (install) kemudian anda uninstall juga akan mempengaruhi susunan file yang ada pada hard disk tersebut. Akibatnya file – file yang ada pada harddisk letaknya akan menjadi berantakan atau tidak tersusun rapi. Ini akhirnya menyebabkan head hard disk membutuhkan banyak waktu untuk mencari letak file yang ingin anda tuju.

Oleh karena itu, sistem operasi semisal windows biasanya menyediakan tool atau program untuk melakukan defragmentasi. Sistem operasi tersebut bahkan dapat secara otomatis melakukan defragmentasi rutin. Namun jika anda ingin melakukan defragmentasi secara manual anda juga bisa melakukanya.

Agar anda tidak dibikin pusing oleh masalah komputer hang maka anda harus rutin melakukan defragmentasi terhadap hard disk anda.

  1. RAM

Penyebab komputer hang selanjutnya adalah RAM. Pada komputer umumnya terdapat beberapa slot RAM yang tersedia. RAM ini sangat penting untuk membantu komputer bekerja. Kondisi yang lembab atau kotor sering kali menyebabkan komputer hang atau blue screen. Bahkan hal terburuknya adalah komputer menyala tetapi monitor gelap gulita.

  1. Panas

Panas merupakan konflik utama yang sering dialami oleh komputer. Kondisi panas yang berlebih yang terjadi di dalam komputer akan membuat komputer sering mengalami hang. Bahkan dalam beberapa kasus panas yang berlebih atau biasa disebut over heat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hardware. Contoh hardware yang sering mengalami overheat adalah prosesor.

Agar komputer bebas dari konflik panas ini diperlukan sistem pendingin yang optimal. Kipas adalah salah satu pendingin yang biasa digunakan untuk mengatasi konflik tersebut.

Setelah anda mengetahui penyebab komputer hang, anda pasti sudah memiliki gambaran tentang bagaimana solusi untuk meminimalisir masalah komputer hang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan informasi selanjutnya tentang bagaimana mengatasi komputer hang.

tags: , ,

Related For Cari Tahu Yuk Penyebab Komputer Hang