Casing Kuat Juga Butuh Dirawat

Monday, April 24th 2017. | Blog, Komputer, Tutorial
Sponsored Links
casing

casing

Casing atau penutup luar komputer layaknya baju yang melindungi kita dari panas terik atau pun debu yang menimpa tubuh kita. Casing adalah bagian paling luar dari komputer atau PC yang kerap kali bermasalah dengan debu atau kotoran lain. Meskipun mudah untuk dilap namun apabila jarang dibersihkan atau dilakukan perawatan maka casing yang kokoh pun akan jadi keropos.

Casing komputer pada umumnya terbuat dari logam atau plat besi tipis dan ringan. Didalamnya terdapat struktur tiang penyangga yang kuat untuk tempat utama komponen komputer. komponen komputer yang terdapat pada bagia dalam casing seperti power supply, motherboard, hardisk drive, dvd room, vga card ataupun sound card.

Strukturnya rangka dalamnya kuat dan kokoh terbuat dari logam yang lebih tebal daripada casing luarnya. Terdapat banyak bagian untuk menempatkan hardware. Struktur ini layaknya struktur rangka sebuah gedung yang disusun sedemikian rupa sehingga tiang-tiang penyangga mampu menahan setiap goncangan. Dan apabila terjadi goncangan maka strukturnya juga tidak akan berubah. misalkan saja saat kita mengangkat atau memindahkan PC ke tempat lain, meskipun casingnya diangkat namun casing tetap berada pada bentuk rangkanya. Tidak mengalami miring atau pergeseren struktur rangka didalamnya.

Meskipun rangka ini kuat namun benda yang terbuat dari logam ini juga harus diperhatikan kondisinya. Perawatan terhadap kebersihanya harus selalu diperhatikan. Logam bisa mengalami korosi atau karatan apabila kondisinya lembab.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan merawat casing luar komputer anda agar awet , kokoh dan tahan lama.

Tips yang pertama, letakanlah komputer anda di atas meja yang permukaanya datar dengan tujuan agar struktur rangka dalam casing yang menjadi penyangga utama semua komponen tetap pada posisinya. Jika terjadi perubahan posisi maka akan berakibat pada beberapa hardware misal rangka untuk menempatkan hardisk posisinya berubah atau bergeser maka hardisk bisa saja terjepit hingga akhirnya sulit bila ingin melepasnya.

Tips yang kedua, taruh komputer pada tempat yang kering dan jauhkan dari suhu lembab. Ini merupakan hal yang wajib anda lakukan karena jika tidak komponen yang terbuat dari logam atau tembaga akan mudah mengalami korosi sehingga kerja komputer bisa terganggu. Yang sering terjadi adalah biasanya hardware tidak akan terdeteksi oleh komputer karena slot-slot tembaganya sudah tidak bekerja dengan maksimal.

Tips yang ketiga adalah bersihkan casing anda dari debu ataupun kotoran. Kotoran yang menempel pada casing yang tidak segera dibersihkan akan mengering dan susah untuk dibersihkan.

Tentu kebersihan pada casing anda akan menunjukan siapa anda. Jika casing kotor banyak debu dan banyak cat casing yang terkelupas ini menandakan anda tidak suka kebersihan.

tags: , ,

Related For Casing Kuat Juga Butuh Dirawat