Dampak Facebook

Saturday, April 8th 2017. | Social Media
Sponsored Links

Dampak Jejaring Sosial (Facebook)

Hay guys, jumpa lagi dengan ane.
hari ini ane akan berbagi ilmu tentang Facebook, nggak asing bukan ditelinga kalian, Bahkan kalian sendiri banyak yang punya facebook, sampai –sampai kalian saking seringnya facebookan hingga disebut Pesbukers, yaitu para penggemar facebook yang selalu setia update setiap kegiatan :D. dan biasanya facebook dipanggil atau biasanya disingkat dengan “Fb”, kadang – kadang aja untuk satu orang memiliki lebih dari 2 / 3 fb, yang akun fb atau admin yang punyapun adalah satu orang.

Facebook

Facebook

Yah jangan heran, fb sudah sangat meluas dikalangan masyarakat umum, bahkan bisa dihitung kemungkinan orang yang sudah memiliki fb itu lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia ini, mungkin pernah ada yang mengatakan “jaman sekarang ga punya fb, orang ndeso itu mah”, kalimat itu bisa muncul karena memang jaman ini fb sangatlah meluas, hingga tidak terbatas jumlah penggunanya.

Facebook merupakan Jejaring social media yang paling sering dijumpai dan dipakai dikalangan masyarakat umum bahkan mendunia, termasuk Negara Indonesia kita ini. Social media facebook ini memanglah jejaring social yang praktis dan instan, guna untuk mempermudah komunikasi antar teman yang jauh, dan biasa digunakan untuk mencari pertemanan di manapun juga tempatnya, sekalipun itu di Negara lain, dengan fb ini akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

Fb juga termasuk social media yang sangat murah dan mudah didapatkan serta tidak terbatasi oleh jarak, ruang, dan waktu, cukup hanya mendaftar email dahulu, lalu mendaftar sebagai anggota fb ini.
Fb bisa diartikan sebuah jejaring social yang digunakan untuk menjalin pertemanan dan komunikasi pada semua orang. FACEBOOK sendiri artinya adalah buku wajah, yang mana fb ini memiliki banyak anggota dari seluruh dunia, sehingga dapat terjalin komunikasi tanpa harus meminta nomor telfon, ataupun kode tertentu untuk menghubungi seseorang yg dituju, hanya cukup mengetahui nama fb nya saya, seperti nama lengkap seseorang yang akan dihubungi, ataupun email yg di punya-nya.

Hanya sekedar informasi saja, bahwa fb tidak hanya memiliki keuntungan yang banyak, tapi situs ini juga memiliki dampak negative bagi para pengguna fb, entah dari segi social, otak, ekonomi, dan komunikasi, serta juga dapat memberi dampak negative secara langsung maupun tidak langsung, baik untuk orang lain maupun lingkungan. Sebenarnya dampak negative dari penggunaan fb bisa ditanggulangi, jika pengguna tidak memakainya sampai over / berlebihan dan normal. Penggunaan situs ini juga lebih baik jangan digunakan terlalu sering, karena akan menimbulkan dampak pada kesehatan dan penyalahgunaan fasilitas yang tersedia.

Berikut Dampak negative dari segi pengaruh facebook :

a. bagi pelajar dampaknya dapat mengurangi waktu belajar bahkan lupa pada tugas sekolah.
b. Mengurangi proses sosialisasi dan komunikasi secara langsung kepada masyarakat.
c. menyebabkan waktu terbuang sia – sia hanya untuk berkomunikasi di jejaring social
d. Dapat menyebabkan seseorang lupa watu sehingga pola hidupnya tidak teratur dengan baik.
e. Seseorang menjadi senang sesuatu yang praktis dan instan, sehingga tidak ada semangat atau tidak ada kemauan serta tidak siap untuk melakukan tantangan yang lebih sulit.
f. Dari segi keuangan atau ekonomi, seseorang yg sudah pesbukers, dia akan rela membuang uang nya hanya untuk dapat bersosialisasi lewat social media. Entah itu dia dirumah ataupun di warnet.
g. Dll.

Contoh penyalahgunaan situs jejaring social (facebook).

a. Banyak foto – foto yang tidak pantas dipublikasikan, misal foto – foto yang tidak sopan.
b. Banyak beredar kalimat – kalimat yang kurang pantas untuk dilihat, kata-kata kotor dan tidak sopan.
c. Dapat menyebabkan dampak negative bagi kesehatan seperti gejala penyakit neurotic skizofrenia yaitu sulit membedakan mana yang nyata atau tidak nyata.
d. Menyebabkan perceraian, karena situs jejaring social yang bebas dan tidak terbatas dalam memilih teman, dapat menyebabkan kecemburuan, pertengkaran bahkan perselingkuhan.
e. Menjadikan seseorang lebih ingin tahu urusan orang lain, atau bahasa gaulnya orang kepo.
f. Dll.. yang masih banyak lagi.

Oke guys, itu sedikit ilmu yang ane kasih hari ini.
jadi, kesimpulan dari artikel yang ane buat ini adalah menghimbau para pengguna facebook supaya dalan penggunaannya tidak perlu over / berlebihan. Tapi juga dilihat pada sisi tujuannya yaitu pertemanan pada orang lain, mungkin seperti pada saudara jauh, yang sulit ditemui, sehingga kita tidak menghabiskan waktu dan melupakan pentingnya berinteraksi dan bersosialisasi secara langsung kepada masyarakat, pada keluarga dan sekitarnya.

Dan satu lagi, kita juga harus menjaga perilaku –perilaku kita didunia nyata (dimasyarakat), sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan perilaku dan perbuatan kita, ketika berada di dunia maya. Nah.. maka dari itu penggunaan social media yang benar sangatlah penting untuk menjaga aturan yang sudah ditetapkan, sehingga kita bisa menggunakan fasilitas yang tersedia itu dengan baik, nyaman, dan aman serta tidak mengganggu kepentingan orang lain.
Oke guys sekian dulu yah, dan sampai jumpa lagi..

tags: , , ,

Related For Dampak Facebook