Definisi, Ciri-Ciri Dan Kelebihan Serta Kelemahan Dari Topologi Jaringan Bus

Friday, November 28th 2014. | Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Topologi Bus ? apakah kalian tau tentang apakah itu Topologi Bus? Kalimat ini hanya beberapa orang saja yang tau, tidak semua orang itu mengertahuinya, bahkan mendengarnya saja pun sebagian besar pasti tidak pernah mendengarnya, apalagi mengertahui fungsinya, Ya kan? Nah, pada materi pagi hari ini yang bakal ane kasih yaitu tentang pengertian atau definisi dari Topologi Bus dan juga fungsi dari Topologi Bus, ciri-ciri atau karakteristik yang dipunyai Topologi Bus, serta kekurangan dan kelemahan yang dimiliki oleh Topologi Bus.
next aja.

Jaringan Topologi Bus

Jaringan Topologi Bus

1. Pengertian/ definisi Topologi Bus
Topologi Bus artinya adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan computer yang satu dengan computer yang lainnya, sehingga dapat mejadi sebuah jaringan yangs sehubung atau tersambung pada suatu bus atau bisa dikenal dengan sebuah terminal, yang mana mereka (computer) terhubung dengan menggunakan kabel yang panjang. Atau definisi yang lainnya Topologi Bus merupakan topologi yang mana media tranmisi atau media untuk terhubung, itu menggunakan kabel yang satu atau kabel tunggal, bisa dikatakan itu termasuk pusatnya kabel, dimana kabel tersebut sebagai media penghubung antara client dan server.

Dan setelah semua computer terhubung dengan kabel yang satu, maka pada ujung kabelnya yang akhir harus diberi sesuatu yang namanya Terminator.
nah, itu sebagian pengertian dari Topologi Bus, ane kira ini sudah cukup untuk membuat kalian mengerti tentang apa itu Topologi Bus.
Dan tidak itu saja, sebuah system pasti ada cirri-ciri atau karakteristik yang dipunyanya, begitu juga dengan Topologi Bus, pastilah juga ada.

       2. Berikut ciri-ciri atau karakteristik dari Topologi Bus :

1. Kabel penghubung yang digunakan oleh Topologi Bus tersebut, pada bagian ujung kabelnya diberi terminator dengan ukuran 50 ohm konektor.
2. Apabila terjadi putus kabel penghubung, maka tidak ada yang terhubung dari satu computer itu ke computer yang lain, alias tidak ada komunikasi lagi.
3. Kabel “cut” yang ada pada konektoritu menggunakan konektor BNC bertipe T.
4. Merupakan jenis teknologi dahulu, atau sudah lama, yang mana memakai cara menghubungkan kabel yang satu dihubungkan dalam satu baris.
5. Jika ada probem yang terjadi pada kabel penghubung, maka yang terjadi adalah kesusahan dalam pelacakan masalah.
6. Dalam hal ini ” Topologi Bus” tidak membutuhkan sesuatu atau peralatan yang aktif guna untuk menghubungkan computer atau terminal.
7. Dll..

Selain itu Topologi Bus juga pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

3. Kekurangan yang dimiliki oleh Topologi Bus :

a. Kabel yang dipakai lebih hemat, karena tidak memerlukan kabel yang banyak untuk sebuah media tranmisi nya, hanya menggunakan kabel yang satu dan terpusat.
b. didalam Topologi Bus, kabel layout yang digunakan lebih sederhana, dikarenakan saat pemasangan pada topologi bus, sebuah rancangan untuk kabel serta skema yang dipakai begitu sederhana, sehingga dalam pemasangan kabel pusat pun lebih mudah.
c. didalam system Topologi Bus tersebuat dalam pengembangan jaringan itu mudah karena didalam pengembangannya terhadap clien ataupun server, itu dapat dilakukan tanpa harus merusak atau menggaggu computer yang lain.

      4. Selanjutnya, Kelebihan dari Topologi Bus :

a..apabila terjadi problem didalam kabel disepanjang kabel penguhung / kabel pusat, maka semua computer yang terhubung dengan kabel juga akan mengalami problem.
b. lalu lintas yang jalankan dengan menggunakan kabel pusat terkadang mengalami kepadatan data, karena kabel pusat yang digunakan adaah media untuk tranmisi.
c. kabel Topologi Bus juga membutuhkan sebuah repeater yang digunakan untuk jarak jauh. Guna sebagai penguat sinyal.

Sekian ilmu hari ini yang saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga artikel tentang Definisi Dan Kelebihan Serta Kelemahan Dari Topologi Jaringan Bus, dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Incoming search terms:

  • ciri ciri topologi bus
  • ciri-ciri topologi bus
  • ciri ciri terminal
  • gambar karakteristik topologi bus
tags: , , ,

Related For Definisi, Ciri-Ciri Dan Kelebihan Serta Kelemahan Dari Topologi Jaringan Bus