Definisi Tentang VGA Card Untuk Komputer

Saturday, September 23rd 2017. | Aksesoris, Hardware, Komputer, Multimedia
Sponsored Links

 

Selamat pagi. Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Apa sih VGA Card Itu?. VGA card merupakan sebuah komponen CPU yang biasanya di gunakan untuk kepentngan video, dan juga kepentingan grafis, seperti grapich 3D yang ada pada komputer. VGA itu berbeda dengan RAM, besar kecilnya VGA yang ada pada sebuah komputer itu tidak terlalau mempengaruhi peforma dari komputer tersebut. Apalagi komputer tersebut hanya di gunakan untuk kepentingan standar, seperti mengetik, mendengarkan lagu, dan juga browsing.

Namun demikian, kebutuhan akan VGA baru akan terasa ketika anda membutuhkan komputer yang mampu mengolah tampilan grapich yang besar, seperti grapich 3D yang ada pada komputer. Atau juga untuk pemutaran video dengan kualitas yang tinggi. VGA card adalah bagian-bagian CPU yang berguna untuk memperjelas tampilan visual dari komputer, dalam hal grapich yang lebih tinggi dari komputer, atau laptop pada umumnya.

Sejarah VGA Card

VGA Card sebenarnya adalah salah satu bentuk teknologi hardware yang tergolong baru. Karena apabila diliihat dari waktu yang di ciptakan oleh komputer, hingga di pasarkan. VGA card secara komersil terpaut kurang lebih selama 30 tahun. Komputer sudah terkenal,d an mulai di kembangkan sejak era 40-50an. Tetapi VGA card mulai di kembangkan pada tahun 80-an.

Pengembangan dari VGA ini sudah berkembang dengan pesat. Terutama ketika kebutuhan akan user terhadap 3D, dan juga gaming ini semakin meningkat. Akhirnya munculah banyak sekali generasi VGA car hingga saat ini. Berikut adalah tipe VGA card yang sering di pasarkan:

  • S3 virge
  • ATI Rage 3D
  • Nvidia NV3
  • Nvidia NV4
  • Nvidia Geforce Series
  • ATI Radeon Series

Beberapa jenis VGA card yang di atas tadi merupakan jenis GA yang sekarang populer di kalangan pecinta dunia grafis, dan juga 3D. saat ini masih berkembang dan meluncurkan banyak produk-produk VGA card yang baru, dan semakin berteknologi yang canggih.

Fungsi VGA Card

Fungsi dari VGA Card ini sangatlah banyak sekali. Berikut adalah beberapa fungsi VGA Card:

  1. Membantu membuat desain grafis dan juga 3D design.
  2. Grafik dalam bermain game akan menjadi lebih baik.
  3. Tampilan layarnya akan menjadi lebih jernih, dan juga tajam.
  4. Dapat mengkoneksikan dengan laptop, atau PC ke layar TV, dengan menggunakan perangkat HDMI sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.
  5. Cocok bagi annda yang suka menonton film dengan detail yang sempurna.

Jenis-Jenis VGA Card

  1. VGA On-Board

    VGA Card On board

    VGA Card On board

Sudah sesuai dengan namanya, VGA On- board adalah jenis VGA yang sering di gunakan pada komputer maupun laptop yang standar. VGA On-Board di gunakan menjadi satu dengan motherboard. VGA ini bekerja dengan memanfaatkan system memory anda, alias RAM anda. Pengguna VGA On board ini umumnya di gunakan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah, yang mana kebutuhan akan grapichnya itu bukan kebutuhan yang utama. Biasanya kompoter dengan VGA On board ini, dapat di jumpai pada:

  • Komputer office
  • Komputer server kecil
  • Laptop, atau netbook dengan layar yang kecil
  • Laptop dengan harga kisaran 2 hingga 3 juta.
  1. Vga Add-On/ VGA Card

    Vga Add-On

    Vga Add-On

Jenis VGA card yang kedua adalah VGA Add-On, atau yang sering kita sebut dengan VGA card. Berbeda dengan VGA yang sebelumnya. VGA ini sistemnya terpisah dengan motherboard. Sehingga membutuhkan socket tertentu supaya dapat menginstalnya. Kinerja dari VGA yang satu ini yaitu dapat bekerja sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari RAM komputer lagi.

Jika pada suatu komputer terdapat VGA ini dengan manggunakan spesifikasi yang cukup baik, bahkan tinggi. VGA ini akan dapat bekerja dengan maksimal dan lebih powerfull.

Sekian informasi saya tentang VGA. Semoga informasi saya ini bermanfaat. Sekian dari saya. Terima Kasih.

tags: , , ,

Related For Definisi Tentang VGA Card Untuk Komputer