Diagnosa Komputer Matot (Mati Total) Bagian 1

Sunday, January 1st 2017. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke tukang service terpercaya. Saya sebagai pengguna komputer PC sering kali berfikir apa jadinya kalau PC saya nanti tiba – tiba matot (mati total)? Apakah ada usaha yang masih bisa saya lakukan sebelum saya benar – benar mengubur komputer mati toal saya? itulah pertanyaan yang saya utarakan kepada seorang ahli tersebut.

Menurut penuturanya, kasus komputer mati total ini adalah ketika komputer yang tidak bisa dihidupkan sama sekali meskipun kabel power sudah masuk ke aliran listrik namun komputer tidak ada reaksi sama sekali untuk menyala.

Indikasi komputer matot dapat dilihat ketika kita menekan tombol power namun tidak ada satupun lampu indicator yang menyala dan tidak terdengar suara bising dari kipas yang berputar.

Nah jika anda mungkin adalah termasuk salah satu yang pernah mengalami masalah dengan komputer matot alias mati total, jangan terburu – buru membawanya ke tukang service atau mungkin malah bersiap menggali kubur untuk komputer anda, karena masih ada beberapa cara untuk melakukan diagnosa komputer matot.diagnose-komputer

Diagnosa yang bisa anda lakukan untuk komputer matot anda cukup mudah untuk dipraktekan. Dengan melakukan diagnosa ini anda bisa menjadi dokter komputer untuk komputer matot anda sendiri. langkah demi langkah diagnosanya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan tidak ada masalah dengan listrik di rumah anda

Komputer juga merupakan alat elektronik yang membutuhkan sumber daya listrik agar bisa berfungsi. Tanpa adanya aliran listrik yang mengalir maka jelas komputer tersebut tidak bisa digunakan. jadi ketika anda mengalami komputer anda matot jangan langsung mengambil keputusan bahwa komputer anda rusak atau matot dan harus segera dibawa ke tukang service. Tetapi ada baiknya anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah listrik di rumah anda atau di lingkungan rumah anda terganggu. Bila perlu tanyakan ke tetangga sebelah rumah apakah sedang ada pemadaman bergilir di lingkungan anda. jika memang demikian berarti ada kemungkinan gangguan hanya ada pada listrik anda bukan komputer anda.

  1. Periksa stop kontak

Penting bagi anda untuk memeriksa stop kontak anda apabila ternyata komputer anda mengalami matot. Coba cek stop kontak anda dengan testpen untuk mengetahui apakah stop kontak anda dialiri listrik atau tidak. Jika memang ada masalah dengan stop kontak anda segera perbaiki atau pindah saja komputer anda ke stop kontak yang lain.

  1. Periksa kabel power supply

Jika dua langkah diagnosa di atas sudah anda lakukan dan tidak ada masalah dengan aliran listrik rumah anda, selanjutnya adalah periksa kabel power supply komputer anda. kabel power supply ini sangat penting karena dia adalah jalan penghubung utama dari listrik rumah anda ke komputer anda. kabel ini terkadang jadi camilan yang lezat bagi tikus untuk digerogoti. Atau terkadang karena sudah termakan usia bagian dalam kabel juga ada yang terputus dengan sendirinya. Jika memang kabelnya ada masalah maka gantilah dengan kabel yang lain atau yang baru.

  1. Periksa power supply

Jika kabelnya sudah fix tidak ada masalah maka selanjutnya coba periksa power supply anda. untuk diagnosa power supply cukup mudah jika kabel power supply sudah tersambung dengan listrik dan tombol power sudah ditekan tetapi tidak ada reaksi dari kipas power supply dan tidak ada aliran listrik ke motherboard maka dapat dipastikan power supply anda rusak. Untuk mengatasinya anda bisa mengganti dengan yang baru atau jika anda mengerti tentang rangkaian elektronik maka anda bisa memperbaikinya sendiri.

Incoming search terms:

  • komputer matot
  • materi mendiagnosis pc mati total
tags: , ,

Related For Diagnosa Komputer Matot (Mati Total) Bagian 1