Diagnosa Komputer Matot (Mati Total) Bagian 2

Tuesday, February 28th 2017. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Konten kali ini merupakan lanjutan dari konten dengan judul “Diagnosa Komputer Matot (Mati Total) Bagian 1”. Pada konten tersebut anda telah diberikan petunjuk teknis untuk diagnosa komputer matot untuk procedural yang ringan.diagnose-komputer

Intinya pada konten tersebut, anda diarahkan untuk memeriksa satu persatu penyebab umum komputer matot akibat tidak adanya aliran listrik dari sumber listrik rumah anda menuju komputer anda. Diagnosa yang bisa anda lakukan mulai dari sumber listrik hingg menuju power supply.

Jika diagnosa komputer matot tersebut sudah anda lakukan dan belum bisa mengatasi komputer matot alias mati total, maka diagnosa lebih lanjut bisa anda lakukan:

  1. Periksa kabel out put dari power supply

Power supply yang normal akan mengarahkan dan membagi aliran listrik ke menuju hardware komputer berdasarkan daya yang dibutuhkan oleh masing – masing hardware tersebut. Untuk kasus komputer matot, biasanya tidak ada aliran listrik yang mengalir dari power supply menuju hardware utama komputer.

Diagnosa yang bisa anda lakukan untuk kasus ini adalah periksa kabel out put dari power suppley menuju hardware komputer. Periksa apakah kabel – kabel dari power supply tersebut menancap dengan sempurna. Jika kabel – kabel tersebut longgar, miring atau kurang sempurna pemasanganya maka cabut lagi kabel tersebut kemudian pasang kembali dengan sempurna.

  1. Periksa prosesor komputer anda

Jika tidak ada masalah dengan aliran listrik, maka selanjutnya anda perlu memeriksa prosesor komputer anda. menurut penuturan teknisi komputer, kasus komputer matot sering kali disebabkan oleh kondisi prosesor. Mengingat prosesor adalah inti atau otak utamanya komputer maka wajar jika terjadi masalah dengan otaknya maka yang lain pun akan ikut kena imbasnya.

Diagnosa yang bisa anda lakukan, coba perhatikan tampilan luar prosesornya jika terjadi overheat atau gosong disekujur fisiknya maka ada kemungkinan prosesor anda telah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

  1. Periksa mainboard

Jika semua langkah sudah anda lakukan, tetapi masalah komputer matot masih belum dapat diatasi maka selanjutnya periksa kondisi mainboard anda. Perhatikan setiap komponen yang menancap di atasnya apakah ada tanda – anda komponen tersebut terbakar atau mengalami kerusakan yang lain. Perhatikan solderan dibagian bawah papan pcb apakah ada solderan yang terkelupas. Jika ada solderan yang lepas maka solder lagi komponen tersebut dengan hati – hati. Perhatikan pula sambungan antar komponen yang ada di pcb, biasanya faktor panas pemakaian atau faktor kororsi bisa menyebabkan sambungan antar komponen pada pcb bisa terkelupas. Cara mengatasinya sambung lagi sambungan yang terputus itu.

Jika semua langkah belum berhasil mengatasi komputer matot maka dibutuhkan teknisi yang ahli dan terpercaya untuk mengatasinya. Tetapi jika anda memilik budget yang lebih maka lebih baik membeli lagi dengan perangkat yang baru.

Demikian berbagai macam diagnosa yang bisa anda lakukan untuk komputer matot alias mati total. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda mengatasi komputer matot.

tags: , ,

Related For Diagnosa Komputer Matot (Mati Total) Bagian 2