Diskpart, Membuat Bootable Flashdisk Langsung dari Windows

Monday, March 9th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Sistem operasi komputer kerap kali menjadi sasaran yang empuk bagi sekawanan virus bringas. Baik dari jenis backdoor, Trojan horse dan lain sebagainya adalah jenis virus yang suka jahil terhadap sistem operasi komputer. jika komputer tidak dibentengi dengan defender atau antivirus yang kuat maka benteng tersebut bisa bobol sehingga kawanan virus tersebut bisa masuk.

Pemasagan antivirus sangat dianjurkan untuk membentengi sistem operasi komputer dari serbuan virus yang bisa datang kapan saja. Pemilihan antivirus yang sudah diakui kehebatanya adalah opsi yang terbaik sebagai benteng pelindung sistem operasi komputer. beberapa kasus unik yang pernah terjadi adalah antivirus malah menjadi sarang virus yang nyaman untuk menetap.

Apabila benteng penjaga tersebut sudah dilumpuhkan maka virus akan mulai menjelajah ke bagian dalam sistem. Bagian dalam sistem operasi komputer yang menjadi sasaran utama adalah system32. Jika virus sudah berhasil bermukim di dalamnya maka pengguna komputer harus bersiap untuk kondisi yang terburuk yakni install ulang sistem operasi.

Kenapa dikatakan buruk adalah karena yang pertama data yang disimpan dalam drive misal di drive C: tempat dimana sistem operasi tersebut dipasang maka akan lenyap bersamaan dengan lenyapnya sistem opeasi tersebut. Yang kedua untuk install ulang sistem operasi pengguna komputer harus menyiapkan budget bagi pengguna komputer yang belum bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri. pembayaran jasa install ulang sistem operasi juga bervariasi, yang termurah mulai dari 25 ribu hingga ada yang membanderol jasa instalasi hingga ratusan ribu rupiah.

Instalasi sistem operasi sebenarnya tidak terlalu rumit. Intinya cuma satu yaitu kita tahu dimana sistem operasi tersebut akan ditempatkan. Oleh karena itulah kebanyakan kesulitan hanya ditemukan pada saat partisi hard drivenya saja. Kesulitan yang lain adalah pemilihan boot. Boot bisa dilakukan melalui beberapa cara bisa lewat CD/DVD atau juga lewat flashdisk.flashdisk

Menggunakan flashdisk untuk instalasi OS juga sangat mudah bahkan pengguna komputer tidak perlu menggunakan software. Semua itu bisa dilakukan langsung dari windows. Caranya adalah menggunakan Diskpart, berikut urutan langkah – langkahnya :

  1. Buka RUN
  2. Ketik diskpart kemudian tekan OK atau enter
  3. Ketik list disk kemudian tekan enter
  4. Ketik select disk dan tentukan sesuai dengan USB Flashdisk yang aktif. Misal di disk 3 maka ketik select disk 3 kemudian tekan enter
  5. Ketik clean tekan enter untuk menghapus partisi, file system dan data yang masih tersimpan di flashdisk. Lihat informasi yang ditampilkan apakah proses cleaning sudah berhasil atau belum, jika belum berhasil maka ulangi lagi dengan mengetikan clean dan tekan enter
  6. Jika proses cleaning sudah berhasil, kemudian ketik create partition primary tekan enter. Tunggu hingga prosesnya selesai
  7. Ketik active tekan enter supaya partisi tersebut aktif
  8. Kemudian format dengan cara ketik format fs=fat32 label=komputerlamongan quick-> Enter ( pemberian nama label sesuai dengan keinginan, misal disini label dengan nama komputerlamongan )
  9. Semua proses telah selesai, yang terakhir ketik exit untuk keluar.

Setelah proses diskpart selesai, selanjutnya buka folder windows dan copas semua isinya ke dalam flashdishk. Flashdisk tersebut sudah menjadi bootable flashdisk yang siap digunakan untuk install ulang OS. Jadi tidak perlu lagi susah – susah cari aplikasi untuk membuat bootable flashdisk.

tags: , ,

Related For Diskpart, Membuat Bootable Flashdisk Langsung dari Windows