Dislike, Fitur Yang Hilang Dari Facebook

Wednesday, June 14th 2017. | Social Media
Sponsored Links

Media social bisa menjadi sarana bagi pengguna untuk menyampaikan aspirasi atau hanya sekedar mencari sensasi. Kebanyakan ide atau pemikiran yang tidak tersampaikan bisa dikeluarkan semuanya melalui media ini. tanggapan atau respon dari pengguna yang lain bisa membuat pengunggah status merasa diperhatikan atau paling tidak ada yang menanggapi ide atau pemikiranya.

Salah satu media social yang popular di negeri ini adalah facebook. Hampir semua orang saat ini memiliki akun di media social facebook. Facebook yang pada awal penemuanya dulu hanya digunakan oleh para kalangan pelajar tertentu dari sebuah institusi lembaga pendidikan, kini sekarang sudah menjadi bagian dari publik yang bisa dimiliki secara gratis.

Facebook semakin popular selain banyak digunakan oleh para selebriti juga karena fitur yang dimiliki. Segala fitur tersebut juga telah disesuaikan dengan handset pengguna. Misal hadirnya facebook pada perangkat mobile yang kemudian dikenal m.facebook.com.

Akses yang begitu mudah ke facebook menjadi faktor pendorong lain kenapa banyak yang menggunakan facebook untuk berinteraksi melalui internet. Facebook yang bisa diakses melalui mobile phone hanya memerlukan data yang kecil agar bisa mengakses untuk masuk ke akun facebooknya.

Beberapa fitur seperti kemudahan untuk mengobrol dan berkirim pesan baik tulisan, gambar maupun panggilan video bisa dilakukan melalui facebook. Upload foto dan video yang bisa disaksikan baik publik, teman maupun bagi diri sendiri juga menjadi daya tarik lain menggunakan akun facebook ini.

Fitur lain yang disematkan pada facebook adalah fitur like. Fitur ini bisa menunjukan kesukaan kita terhadap suatu status, foto atau video yang dipasang oleh seseorang pada wall facebooknya. Fitur ini pada dasarnya ditujukan untuk menunjukan apresiasi kita terhadap karya orang lain. Fitur like ini menggunakan symbol jempol. Jika kita menyukai terhadapa status atau foto atau video yang diunggah oleh seseorang pengguna akun facebook maka kita bisa menekan tombol “like” tersebut. Dengan mengklik tombol “like” tersebut pengguna akan merasa dihargai atas postingan yang sudah dia post pada wall facebooknya, ujar CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

like-dislike-facebook

like-dislike-facebook

Namun sayangnya, pada facebook belum ada fitur yang menunjukan ketidak sukaan kita terhadap status, foto atau video yang diunggah oleh seseorang. Alasan kenapa di facebook tidak terdapat fitur dislike adalah karena statement Zuckerberg yang menyatakan keprihatinanya bahwa tombol tidak suka atau “dislike” bisa berubah menjadi sistem voting untuk menilai setiap posting dari para pengguna.

“Hal yang menurut saya sangat berharga, jika pengguna merasa tidak senang dengan pengguna lain yang ingin mengekspresikan diri nya di jejaring sosial seperti menunjukan rasa empati, kejutan, kesenangan dan kesedihan”, ungkap Mark Zuckerberg.

tags: , ,

Related For Dislike, Fitur Yang Hilang Dari Facebook