Eps.1 | Ketahuilah Para Penyebab Sang Komputer Hank dan Lemot/Lambat Beroperasi

Tuesday, May 23rd 2017. | Komputer
Sponsored Links

Komputer yang sering hank dan lemot itu bukan karena jenis computer yang jelek dan tidak bermutu, akan tetapi karena beberapa hal yang menyebabkan computer menjadi hank dan lemot secara tiba-tiba. Nah, beberapa penyebab ini lah yang harus kita ketahui sejak dini agar ketika sudah memiliki computer, anda juga dapat mengantisipasi agar peristiwa hank dan lemot tidak terjadi pada computer anda dan untuk informasi lebih lanjut silahkan baca postingan berikut.

Anda pastilah tidak menginginkan computer anda mengalami yang namanya hank dan lemot bukan?Apalagi untuk para pekerja yang kesehariannya harus menatap computer selama berjam – jam untuk mengerjakan pekerjaannya. Maka dari ketahuilah sejak awal apa saja yang menyebabkan computer itu hank dan lemot.

Komputer hang dan lemot

Komputer hang dan lemot

Penyebab computer menjadi hank dan lemot :

  1. Banyaknya temporary file pada computer.
    Yang pertama penyebab computer semakin lemot itu biasanya disebabkan banyaknya temporary file yang sama banyaknya dengan kebutuhan hard yang berada di drive nya dimana tempat untuk mengoperasikan OS computer. Nah, untuk langkah solusinya adalah cari menu accessories yang terdapat pada menu start pada desktop computer > lalu jalankan windows Disk Cleanup.
  2. Kurang bersihnya file uninstall.
    Terkadang ketika kita ingin menghapus sebuah file maka cukup dengan menghapus foldernya saja, akan tetapi langkah tersebut kurang tepat karena meskipun sudah terhapus dari sisi folder masih terdapat sisa folder yang ada di control panel. Nah, cara menghapusnya/ uninstall yaitu dengan cara dihapus pada control panelnya atau dengan cara memakai software / perangkat lunak uninstaller.
  3. Program terlalu serakah
    Program yang sering dipakai supaya selalu rutin di install karena program yang tidak rutin di install akan membuat computer menjadi super lemot, apalagi bila memiliki banyak antivirus, hal tersebut juga dapat membuat computer menjadi lembat bekerja, dan juga pada Drive C yaitu tempat penyimpanan OS jangan terlalu banyak file atau program.
  4. RAM yang tidak bersih.
    RAM yang kotor juga dapat membuat computer menjadi cepat hang, hal tersebut dikarenakan debu yang berada pada bagian pin atau pada bagian kaki-kakinya RAM, untuk solusinya dalah dengan memberihkan bagian-bagian tersebut dengan lap kain atau cutton bud atau bisa dengan penghapus karet.

    Membersihkan RAM dengan Penghapus Karet

    Membersihkan RAM dengan Penghapus Karet

  5. Power supply ngedrop
    Power supplay ngedrop itu dikarenakan kekurangan daya yang cukup untuk perangkat computer seperti pada prosesor ataupun pada motherboard. Dan juga dikarenakan power supply panas yang terlalu sehingga computer tidak mampu menahan untuk terus menerus bekerja, dan hasilnya computer langsung hang, hal tersebut dapat dicegah dengan cara menempatkan power supply (CPU) pada ventilasi udara yang cukup luas untuk mengeluarkan panas yang berada pada power supply.

Saya kira penyebab-penyebab komputer hang dan lemot diatas cukup untuk pengetahuan anda untuk selalu ingat merawat komputer dengan baik. Penyebab-penyebab computer menjadi hang dan lemot memang harus diantusiasi agar tidak terjadi diwaktu yang lain, penyebab computer menjadi hang dan lemot juga harus diketahui sebagai bentuk kesadaran untuk selalu rutin merawat computer agar tahan lama dan awet. Nah, untuk penyebab-penyebab komputer bermasalah, silahkan baca pada postingan yang berikutnya.

tags: , , , ,

Related For Eps.1 | Ketahuilah Para Penyebab Sang Komputer Hank dan Lemot/Lambat Beroperasi