Eps.2 | Mengapa Komputer Sering Merestart Sendiri?

Friday, October 23rd 2015. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Komputer yang sering merestart sendiri adalah suatu masalah yang dialami computer, hal itu sering sekali membuat anda jengkel bukan? ketika anda sedang antusias dan focus mengerjakan sesuatu didalam computer dan tiba-tiba dengan sendirinya computer anda merestart sendiri. Hal demikian selain membuat runyam suasana juga membuat computer semakin rusak karena adanya masalah tersebut yang belum diatasi. Nah, untuk mengatasi hal demikian tersebut, anda harus mengetahui Mengapa computer sering merestart dengan sendirinya? Pertanyaan berikut akan terjawab pada postingan ini.

Komputer restart Sendiri

Komputer restart Sendiri

Penyebab Komputer sering restart sendiri.

  1. Overheatnya pada komponen processor.
    Prosesor yang overheat atau panas yang terlalu juga merupakan penyebab yang mengakibatkan layar monitor computer menjadi biru atau blue screen dan akhirnya computer anda pun dengan sendirinya merestart tanpa anda restart dengan sengaja sekalipun. Dan apakah anda tau mengapa prosesor menjadi panas yang over? Dapat dimungkinkan apabila terjadi pemasangan prosesor yang kurang tepat atau kurang pas, coba periksa tempat prosesornya serta pemasangan heatshing fan-nya, apakah sudah tepat apa belum? Jika perlu bongkar semua komponen yang terdapat pada CPU dan membenahi kembali bagian komponen-komponen tersebut dengan posisi yang tepat dan pas, sehingga proses OS computer pun mencadi lancer dan mudah, dan akan lebih baik apabila pada bagian prosesornya diberi pasta termal untuk mencegah panas pada prosesor.
  2. Kurang stabilnya daya pada komponen PSU (Power Supply Unit).
    Umur PSU yang sudah lama dalam penggunaannya juga dapat mengakibatkan computer sering merestart sendiri, sehingga daya yang dikeluarkan PSU untuk mendinginkan CPU juga berkurang dan tidak stabil, dan untuk antisipasinya atau cara mengatasi hal demikian maka yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengganti power supply unit atau PSU yang sudah tua alias lama diganti dengan yang baru (membeli lagi).
  3. Badsector pada perangkat keras.
    badsector merupakan tanda bahwa telah terjadi suatu kerusakan pada harddisk computer, sehingga yang terjadi adalah ketidaknormalan system operasi pada computer saat sedang dijalankan. Oleh karena itulah computer sering hang juga merestart dengan sendirinya.
  4. VGA Card yang alami gangguan.
    Selain RAM yang kotor, VGA card juga mendukung adanya gangguan yang dapat terjadi pada system computer, dan masalahnya pun hampir sama yaitu ditandai dengan layar monitor alami blue screen dan akhirnya hang dan gambarpun menjadi pecah tidak beraturan dan terakhir computer merestart dengan sendirinya.

    Blue screen pada komputer saat VGA card bermasalah

    Blue screen pada komputer saat VGA card bermasalah

Dari penyebab-penyebab diatas tersebut merupaka sebagian kecil saja dari factor umum computer sering mengalami gangguan atau masalah, dan untuk mengatasinya pun terlebih dahulu anda harus tahu apakah yang menyebabkan computer menjadi bermasalah seperti hang, lemot, srestart bahkan mati mendadak. Semua penyebab-pengebab tersebut bisa diatasi dengan mengambil langkah yang lebih mudah, yaitu menyervis computer pada orang yang sudah ahli dalam mengotak atik serta membongkar pasang computer. Penyebab diatas pun juga dapat diambil sebagai pelajaran agar seriap orang yang memiliki computer supaya tau apa saja masalah yang akan sering dialaminya, sehingga dapat untuk mengantisipasi hal yang demikian agar tidak terjadi pada computer kita.

tags: , , , ,

Related For Eps.2 | Mengapa Komputer Sering Merestart Sendiri?