Eps.5 | Kenali Informasi Tombol Keyboard Serta Peran-Perannya.

Tuesday, July 12th 2016. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Sudah sampai saat ini pembahasan tentang Informasi Tombol Keyboard Serta Peran-Perannya pun masih terus harus dipelajari untuk para user yang belum tahu akan hal ini, nah disini saya akan menambahkan fungsi keyboard yang lain selain yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, coba lihat dan fahami kegunaannya.

Fungsi setiap tombol keyboard

Fungsi setiap tombol keyboard

Informasi tentang tombol keyboard serta peran-perannya.

  1. Tombol Esc : Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan pada perintah sebelumnya atau membatalkan sebuah perintah.
  2. Tombol Tab : Tombol ini berfungsi untuk pemindahan tab pada text sesuai dengan ruler horizontal, biasanya dipakai untuk membuat suatu alinea pada paragraph.
  3. Tombol Caps Lock : Tombol ini berfungsi untuk mengunci suatu huruf, misal kita menginginkan huruf besar semua tanpa harus satu per satu dirubah, cukup dikunci dengan klik Caps Lock maka huruf besar atau capital dapat digunakan secara terus, jika sudah tinggal di klik lagi untuk mengembalikan huruf agar tidak capital.
  4. Tombol Shift : Tombol ini multi-fungsi dapat sebagai menu pintas menuju intruksi yang kita inginkan dapat juga digunakan saat di potoshop sebagai pelurus line agar tidak bengkok kemana-mana saat dibuat.
  5. Tombol icon Windows : Tombol ini berfungsi untuk menampilkan menu Start pada windows dan bisa dikatakan sebagai daftar isi suatu windows yang berisi aplikasi-aplikasi serta program-program yang dijalankan.
  6. Tombol Enter : Tombol ini berfungsi untuk membuat baris baru dibawahnya atau bisa juga sebagai perintah OK.
  7. Tombol Space : Tombol ini berfungsi untuk member jeda atau renggangan antar huruf.
  8. Tombol Page Up / Pg Up : Tombol ini berfungsi untuk menggeser satu lembar kerja ke arah atas.
  9. Tombol Page Down / Pg Dn : Tombol ini berfungsi untuk menggeser satu lembar kerja pada dokumen kearah bawah.
  10. Tombol Home : Tombol ini berfungsi untuk jalan pintas dari kursor untuk membawa ke bagian awalan baris atau ke awal kalimat (sudut kiri atas) pada lembar kerja.
  11. Tombol Delete / Del : Tombol ini berfungsi untuk menghapus huruf atau karakter yang berada pada belakang cursor, dan jika digabung dengan tombol Ctrl maka fungsinya akan berubah menjadi menghapus satu kata atau satu karakter tersebut.
  12. Tombol Print screen : Tombol ini berfungsi untuk menampilkan lembar kerja kita sekaligus semua layar yang ada dalam bentuk gambar. Biasanya tombol ini digunakan ketika ingin menjadikan semua kegiatan yang kita lakukan pada layar monitor untuk dijadikan gambar.
  13. Tombol Alt + Space : Tombol kombinasi ini berfungsi untuk memunculkan perintah seperti restore, minimize, close dll.

Fungsi peran keyboard yang terdapat pada setiap tombolnya pastilah memiliki fungsi lain selain hanya sekedar untuk menulis text, tetapi dapat juga digunakan untuk memunculkan intruksi yang user inginkan dengan menggunakan jalan pintas yang telah dirancang sebelumnya dengan berbagai kombinasi untuk menampilkan berbagai intruksi untuk mempermudah dan mempercepat dalam pekerjaan.

tags: , , ,

Related For Eps.5 | Kenali Informasi Tombol Keyboard Serta Peran-Perannya.