Fingerprint, Teknologi Mudah Identifikasi Personal

Friday, October 14th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Apabila mendengar kata Fingerprint yang muncul dalam fikiran kita tentunya segala sesuatu yang berhubungan dengan absensi kehadiran, ibu jari atau telujuk anda, bahkan mesin dari fingerprint tersebut. Lalu, sebenarnya apa yang disebut dengan Fingerprint tersebut? Mari kita lihat lebih dalam apa yang dimaksud dengan Fingerprint tersebut. pada dasarnya, manusia memiliki hal yang pasti berbeda antara satu manusia dengan manusia lain, meskipun manusia tersebut memiliki ikatan darah bahkan kembar sekalipun. Namun, terdapat bagian tubuh yang berbeda antara manusia satu dengan manusia lainnya. Hal yang paling mencolok dan pasti berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain ialah sidik jari. Sudah pasti apabila sidik jari manusia yang satu berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan itulah yang mendorong penerapan serta pemanfaatan pada sistem atau perangkat. Dan itulah yang dijadikan sebagai identitas manusia. Bayangan anda ketika mendengar kata fingerprint memang benar. Perbedaan tadi diterapkan pada perangkat fingerprint yang merupakan peralatan presensi. Dalam hal ini, sidik jari merupakan hal yang cukup unik. Karena bisa berbeda antara satu dengan lainnya meskipun kalian merupakan anak kembar. Lalu, apa sebenarnya absen sidik jari atau fingerprint tersebut?

Fingerprint

Fingerprint

Fingerprint sebenarnya perangkat autentikasi yang menggunakan idetitas biometric dari pengguna (yang menggunakan perangkat tersebut). Namanya yang fingerprint tenutnya menggunakan sidik jari sebagia autentikasinya. Fingerprint ini sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Jenis pertama ialah MD5. MD5 merupakan singkatan dari Message Digest Algorhytm 5. MD5 ini banyak digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan keamanan dan dipakai untuk memeriksa integritas sebuah file. Jenis kedua yang dapat digunakan ialah HTTPS. HTTPSmerupakan versi “aman” dari HTTP. HTTPS ini menggunakan port 443. Tingkat keamanan yang diberikan oleh HTTPS bergantung pada ketepatan dalam implementasinya pada sebuah web browser dan aplikasi server. Lalu bagaimana cara kerja fingerprint ini?

Cara kerja fingerprint ini terbagi menjadi 4 (empat). Cara kerja pertama ialah optis. Optis menggunakan pola yang sebelumnya sudah direkam atau di scan dengan cahaya. Alat perekamnya berupa foto digital. Cara memakainya ialah kita meletakan jari kita pada kaca scannernya. Cara kerja kedua ialah secara ultrasonik. Cara kerja ultrasonik ini menggunakan teknik yang hampir sama dengan teknik yang digunakan dalam dunia kedokteran. Ultrasonik ini digunakan suara berfrekuensi sangat tinggi untuk menmbus kulit lapisan dermal manusia. Dengan menggunakan ultrasonik, cara ini tangan yang kotor tidak menjadi masalah. Permukaan scaneer yang kotor pula tidak akan menjadi masalah yang serius. Cara kerja ketiga ialah kapsitans. Kapasitans menggunakan cara pengukuran kapasitant yang digunakan untuk membentuk citra sidik jari. Meskipun cara kerjanya menggunakan kapasitant, namun kelemahan dari fingerprint ini ialah adanya listrik statis yang berada pada tangan kita. Sehingga untuk menghilangkan listrik statis ini, tangan harus digrounding. Cara kerja terakhir iala thermal. Thermal merupakan cara kerja yang menggunakan perbedaan suhu antara ridge atua gundukan dengan valley atau lembah sidik jari untuk mengetahui pola sidik jari. Cara melakukannya ialah dengan menggosokan ujung jari atau swap ke scan area.

Menggunakan sebuah perangkat seperti fingerprint ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan yang antara lain dapat kita peroleh ialah penggunaannya praktis dan simpel. Tidak hanya itu, pendataan yang berhubungan dengan absensi dalam hal ini akan lebih akurat. Selain itu, kapasitas penggunaannya tak terbatas. Kelemahan yang dimiliki ialah perangkat ini sering mengalami error terutama apabila penggunanya tidak menjaga alat ini.

tags: ,

Related For Fingerprint, Teknologi Mudah Identifikasi Personal