Fungsi Port Komputer Bagian Belakang

Tuesday, March 24th 2015. | Komputer
Sponsored Links

Komputer atau desktop memiliki bentuk kotak dengan banyak lubang – lubang atau tempat colokan di bagian depan dan di bagian belakang. Nah, colokan – colokan tersebut biasa disebut port.

Port komputer

Port komputer

Semua port tersebut berhubungan langsung dengan motherboard yang ada di bagian dalam komputer. masing – masing port memiliki fungsinya sendiri – sendiri. beberapa port bisa tukar pasang satu sama lain tetapi ada juga port yang tidak bisa ditukar satu sama lain. Jika pemasangan peripheralnya terbalik pada port yang salah maka otomatis peripheral tersebut tidak dapat digunakan. Contoh ingin memasang keyboard ps2 tetapi memasang salah pada port ps2nya mouse maka keyboard tersebut tidak mungkin bisa digunakan dan berlakuk juga sebaliknya.

Ada pula port yang bisa ditukar satu sama lain seperti port usb. Contoh saya ingin menancapkan flashdisk pada port usb yang terletak di bagian belakang padahal saya biasanya menancapkan flashdisk pada port usb pada bagian depan komputer maka tidak akan terjadi masalah flashdisk saya masih bisa berfungsi secara normal.

Nah, oleh karena itu penting kiranya bagi para pengguna komputer untuk mengetahui jenis port dan fungsi port bagian belakang komputer tidak harus memanggil tukang service komputer ketika kabel salah satu peripheral copot dan anda tidak berani memasangnya kembali.

Berikut jenis – jenis port pada bagian belakang komputer:

  1. Port PS/2

    ps-2

    Port PS/2

Pada sebuah komputer umunya terdapat dua jenis port PS/2 yaitu port PS/2 keyboard dan port PS/2 mouse. Seperti yang sudah disinggung di atas kedua port pada bagian belakang komputer ini tidak bisa ditukar satu sama lain. Bentuk fisik dari kedua port ini memang sama namun fungsinya berbeda. Port PS/2 keyboard biasanya berwarna ungu sedangkan untuk port PS/2 mouse berwarna hijau. Atau jika anda kesulitan membedakanya, lihatlah lebih detail pada sisi samping port tersebut, disana ada gambar untuk masing – masing peripheral. Anda bisa memasang mouse dan keyboard anda sesuai dengan gambar yang ada di samping portnya.

  1. Port USB

    Port USB

    Port USB

Port ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena hampir semua peripheral saat ini semuanya menggunakan port USB bahkan mouse dan keyboard USB lebih diminati ketimbang port USB. Selain mudah dan praktis, port ini juga sudah mendukung banyak peripheral. Port ini juga bisa ditukar pasang dengan berbagai peripheral, misal saya ingin menancapkan keyboard USB pada port yang biasanya saya gunakan untuk menancapkan flashdisk maka tidak ada masalah. Peripheral tersebut akan tetap berjalan secara normal sesuai dengan fungsinya.

  1. VGA video port

Port ini digunakan untuk mengeluarkan out put visual dari komputer ke monitor.

  1. Port networkethernet port

Port network merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan.

  1. Port audioaudio_ports

Port ini sangat penting bagi pecinta audio, tanpa adanya port ini komputer tidak mungkin dapat mengeluarkan suara. Terdapat tiga port line in, line out dan microphone. Line out merupakan tempat menancapnya jack speaker. Ketika memasang speaker ke port ini jangan sampai terbali dengan port yang lain karena kalau terbalik suara tidak mungkin akan keluar dari speaker.

Incoming search terms:

  • jelaskan port dan colokan yang terletak di bagian belakang cpu
  • bagian belakang cpu dan fungsinya
  • bagian belakang CPU
  • jelaskan port dan colokan yang terletak dibagian belakang cpu
  • fungsi bagian belakang cpu
  • Jelaskan port dan colokan yg terletak di bagian belakang CPU
  • port belakang cpu
  • port yang ada dibelakang cpu
  • colokan cpu
  • fungsi colokan belakang komputer
tags: , ,

Related For Fungsi Port Komputer Bagian Belakang