Game Anti Korupsi, Semua Bisa Ber-AKSI untuk Menumbuhkan Semangat Anti Korupsi

Sunday, February 7th 2016. | Games
Sponsored Links

Semangat anti korupsi merupakan semangat yang harus dikobarkan dihati semua orang di negeri ini. Upaya untuk menumbuhkan semangat anti korupsi ini harus di hidupkan pada semua orang khususnya para generasi muda bangsa karena merekalah yang nanti akan menggantikan para generasi tua di kala tiba waktu mereka untuk menjadi pemimpin di negeri ini.

KPK merupakan komisi khusus yang dibentuk di negeri ini yang memiliki peranan untuk memberantas korupsi. Hasil kerja yang luar biasa yang ditorehkan oleh KPK patut kita apresiasi. Sudah banyak kasus tindak korupsi besar yang telah diungkap oleh KPK. Bahkan atas keberhasilanya inilah banyak penghargaan yang mengisi lemari KPK.

Berbagai upaya telah KPK lakukan untuk memberantas korupsi di negeri ini. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh KPK adalah menggandeng rumah studio game asal bandung, Kummara. Atas kerjasamanya tersebut, dua game telah dirilis pada Hari Anti Korupsi Internasional pada Desember tahun lalu.

Konten yang kami angkat pada beberapa waktu yang lalu adalah permainan Sahabat Pemberani sebuah permainan kejujuran. Permainan ini merupakan permainan yang kooperatif yang mengharuskan para pemainya untuk saling bekerja sama menyelidiki kasus hilangnya ikon kota secara misterius.

Permainan tersebut sangat baik untuk melatih kejujuran khususnya pada anak usia Sekolah Dasar. Permainan Sahabat Pemberani ini dibuat dengan desain yang sangat menarik sehingga dapat menarik perhatian anak yang memang masih hidup dalam dunia imajinasi mereka. Upaya mengajarkan semangat anti korupsi pada anak melalui media game ini dianggap bisa lebih efektif untuk mendukung semagat anti korupsi sejak usia dini.semua-bisa-ber-aksi

Permainan yang kedua yang dirilis oleh KPK adalah Semua Bisa Ber-Aksi. Yang perlu digaris bawahi dalam game ini adalah pentingnya setiap orang untuk memahami bahwa mereka dapat berkontribusi dalam kampanye anti korupsi di Indonesia dengan berbagai cara. Juga para pemain akan dihadapkan dengan banyak sektor pembangunan penting yang memiliki potensi tinggi untuk korupsi .

Sama halnya pada permainan Sahabat Pemberani, permainan Semua Bisa BerAksi dirancang dengan sistem kooperatif juga , oleh karena itu semua pemain harus berkolaborasi bersama dalam rangka untuk memastikan sektor-sektor tetap bersih. Setiap pemain akan dapat mensimulasikan metode anti korupsi seperti tindakan reppresive, pendidikan dan kampanye, dan bahkan sistem perbaikan. Permainan ini dapat dimainkan oleh maksimal 4 pemain. Dan yang membuatnya lebih menarik adalah isi dari game itu sendiri disesuaikan sesuai dengan pemainnya, sebagai contoh set konten untuk pemain perguruan tinggi akan berbeda dengan pemain dari instansi pemerintah dan juga siswa sekolah dasar atau menengah.

Meski kedua game, Sahabat Pemberani dan Semua Bisa BerAKSI, ini merupakan konsol permainan yang untuk papan namun diharapkan permainan ini juga akan hadir pada game console yang lain seperti untuk PC, Tablet, Smartphone dan lain sebagainya. Karena jika permainan ini bisa hadir pada platform yang lain maka akan semakin mudah untuk menyebarkan semangat anti korupsi ini mengingat sekarang ini eranya internet of things dimana orang lebih suka bermain dengan internet.

tags: , ,

Related For Game Anti Korupsi, Semua Bisa Ber-AKSI untuk Menumbuhkan Semangat Anti Korupsi