Generasi Terakhir dari Memori RAM yang Cepat dan Hemat Daya

Tuesday, August 1st 2017. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Memori yang menjadi pokok bahasan adalah memori RAM. Memori RAM adalah salah satu komponen penting dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat sementara dan memori ini hanya bekerja pada saat komputer dihidupkan saja. Karena data yang disimpan hanya bersifat sementara, memori RAM ini dimaksudkan untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Untuk mendukung proses tersebut, memori RAM memiliki 4 bagian yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Bagian pertama adalah input storage; bagian ini berfungsi untuk menampung input dari device yang terpasang pada komputer. contoh device pada komputer adalah mouse, keyboard, speaker, printer, scanner dll. Jadi pada bagian ini, dia akan mengenali setiap device yang ditancapkan ke komputer dan akan meneruskanya ke bagian program storage. Bagian yang kedua dari memori RAM adalah program storage; bagian dari memori RAM ini berfungsi untuk menyimpan akses instruksi program. Bagian yang ketiga adalah working storage. Bagian ini berbeda dengan program storage. Jika pada program storage memori hanya bertugas menyimpan instruksi-instruksi yang akan dijalankan namun pada working storage, bagian ini bertugas untuk menyimpan data yang akan diolah dan data hasil dari pengolahan yang akan diteruskan ke output storage. Bagian yang terakhir dari memori RAM adalah output storage. Bagian ini berfungsi untuk menampilkan hasil akhir dari data yang sudah selesai diolah dan akan ditampilkan pada output device. Data yang ditampilkan bisa berupa seperti tulisan, gambar ataupun suara. Analoginya ketika ada device yang ditancapkan ke komputer, misalkan proyektor. Maka saat pertama kali ditancapkan ke komputer maka bagian input sorage akan membaca device tersebut. Kemudian pada bagian program storage akan memulai menyimpan setiap instruksi yang dimasukan. Setelah instruksi dimasukan, kemudian bagian working storage akan memulai mengolah data hasil dari perintah dan akan menyimpan hasil dari perintah tersebut. Dan yang terakhir bagian output storage akan menampilkan data hasil pengolahan.

RAM DDR 2 VS DDR 3

RAM DDR 2 VS DDR 3

Memori RAM sudah mengalami beberapa kali perkembagan. Pada saat masih merajainya komputer dengan prosesor Pentium I hingga Pentium IV memori ram yang digunakan adalah SDRAM dan Ranbus RAM. Namun kelemahan dari memori ini adalah memori ini hanya bisa mencapai kecepatan sampai dengan 133 MHz. Performa yang dirasa masih kurang ini membuat user kurang nyaman karena kinerja komputer akan menjadi lelet saat melakukan multi tasking. Bahkan untuk mentransfer data juga akan menjadi lebih lama ini akan membuat waktu yang dibutuhkan untuk duduk bekerja didepan komputer lebih membosankan. Setalah diciptakanya memori yang terbaru yang diberi nama DDR atau saat ini dikenal dengan memori DDR I membuat SDRAM kalah pamor saat itu. Banyak user beralih dan mengupgrade piranti keras mereka. DDRI jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan SDRAM. Bahkan kecepatan transfer memori DDR I bisa 2 kali lipat daripada memori SDRAM. Pengembangan memori RAM DDR I ini hanya sampai pada tahun 2000.

RAM DDR 3 Hyper Class

RAM DDR 3

Seiring dengan perkembangan dunia yang modern ini, memori RAM mengalami perkembangan yang lebih canggih. 2 generasi terkahir memori RAM yang yakni DDR 2 dan DDR 3. Memori DDR 2 memiliki kemampuan membaca lebih cepat daripada DDR I. memori RAM DDR 2 ini memiliki kecepatan transfer mulai dari 400 – 1966 MHz. namun kehebatan memori DDR 2 kini sudah kalah tenar dari memori generasi yang terbaru yaitu DDR 3. Bahkan kuantitas memori memori DDR 2 sudah mulai sulit di jumpai di pasaran. Hampir semua gadget PC terbaru kini semua menggunakan motherboard yang support memori DDR 3. Memori jenis ini memiliki kemampuan transfer data yang lebih cepat dari pada DDR 2 dan keunggulan yang lain adalah memori DDR 3 ini lebih hemat konsumsi daya listriknya. Daya listrik yang dibutuhkan memori DDR 3 hanya 1,5 V sedangkan pada memori DDR 2 membutuhkan daya listrik sebesar 1,8 V jadi memori DDR 3 akan lebih hemat 30% konsumsi daya listriknya bila dibandingkan dengan memori DDR 3.

tags: , , , ,

Related For Generasi Terakhir dari Memori RAM yang Cepat dan Hemat Daya