Hal-hal Yang Mengakibatkan Lambatnya Komputer

Sunday, July 10th 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

asasasa

Suatu saat jika anda membeli sebuah laptop atau komputer baru, lalu anda install maka hasilnya semua yang ingin dikerjakan lancar dan cepat. Bahkan kecepatannya itu kurang dari 5 detik. Tapi perlu anda ketahia bahwa semua barang lama kelamaan akan berkurang kekuatanya, sama dengan laptop atau komputer lama kelamaan pasti akan lambat. Walaupun anda menggunakanya dengan baik, tetapi tetap akan menjadi lambat. Maka berikut ini penyebab kenapa komputer lama kelamaan menjadi lambat :

  • Karena Berlebihan Start Up

Pasti pertama kali pada saat ingin menggunakan komputer atau laptop baru membutuhkan waktu yang cukup cepat, bahkan hanya memerlukan beberapa detik saja. Bahkan waktu boting itu cepat sekali. Tetapi lama kelamaan, berawal dari menekan tombol power sampai menunggu kemunculan desktop sekarang menjadi lama dan suatu saat juga akan semakin lama. Karena disebabkan dengan jumlah starup yang berlebihan , sehingga memaksakan komputer untuk menjalankan semuanya sebelum siap dipergunkan.

Pencegahan : lebih baik anda mematikan progam starup yang tidak dibutuhkan.

  • Karena Menumpuknya Temporary Files

Perlu anda waspadai jika anda sedang membuka web, browsing di internet atau melakukan aktivitas yang lain, maka akan menghasilkan file-file temporer (temporary files). Adanya files ini berguna untuk memperlancar segal aktivitas yang sama. Tetapi anda perlu waspadai, files ini lama kelamaan akan menumpuk, secara otomtis akan membuthkan hard drive tambahan. bahkan kabar buruknya lagi, files ini bertempat di rive system operasi (C), dan menumpuk di situ. Dalam hal ini maka komputer akan melambat.

Pencegahan : hanya dengan mengaksesnya melalui accessories dan jalankan program windows disk clean up.

  • Tertragmentasinya Hard disk

Perlu anda ketahui bahwa pada saat system ingi menyimpan suatu files, maka files itu kan dipecah dan di temapatkan dimana saja terdapat bagian yang kosong. Oleh karena itu bisa jadi system sulit untuk menemukannya dalam bagian yang terdekat. Maka secara otomatis system memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencarinya. Ini salah satu penyebabnya komputer menjadi lama.

Pencegahan : dengan malalui accessories dan menggunkan program disk defragmenter.

  • Kurang Bersihnya Uninstall

Perlu anda cek ulang bahwa pada saat anda meng-uninstall suatu program, besar kemungkinan masih terdapat file-file dari program yang anda uninstall tadi. Biasanya berupa informasi registrasi aplikasi, save game dan lain sebagainya.

Pencegahan : jika anda ingin uninstall suatu program, maka anda harus melakukan hal itu lewat uninstall.exe aplikasi tersebut atau lewat control panel. Lalu, perlu anda periksa lagi masih adakah file-file lainnya dari program yang anda uninstall. Bahkan bila anda kesusahan, lebih baik anda menggunakan pihak ketiga.

  • Terlalu Penuhnya Operating System Drive

Windows 7 atau operating system yang lainnya biasanya bertemapat dalam drive C . Dan appabila drive C ini terlalu penuh, maka secara otomatis kinerja OS akan terganggu. Dan pasti menyebabkan lambanya komputer.

Pencegahan : perlu anda lakukan, jika anda mempunyai suatu data, maka jangan disimpan di drive C, maka simpanlah di drive lainnya misalnya di drive D atau E, atau flashdisk dan lain sebagainya.

  • Karena Antivirus

Jika antivirus sedang bekerja melakukan scanning di sepanjang komputer menyala, secara otomatis akan membuat komputer lambat. Karena di sebabkan oleh hebatnya kemamuan antivirus dan beratnya kapasitas yang dimiliki antivirus tersebut.

Pencegahan : kamu harus memilih antivirus yang kompatibel dengan komputer anda. Maka jika tidak kompatibel dengan komputer anda jangan dipaksakan, karena bisa menyebabkan komputer lambat.

  • Pengaruh Virus Dan Program Jahat Yang Lain

Saat anda diam-diam terus menerus melakukan download di internet, maka anda hrus mewaspadai dengan virus. Karena virus bisa menyusup lewat mana saja dan merekan akan terus menggandakan dirinya. Gak tau gimana caranya, maka semua aktivitas virus akan mngakibatkan komputer lambat.

Pencegahan : Jalankanlah antivirus terbaik yang anda punya untuk melawn virus jahat tersebut.

  • Sudah Kemakan Usia

Pasti semua itu ada jangka waktu pemakaian (umur). Sama halnya dengan komputer. Karena komponen komputer semakin lama juga akan menurun kekuatanya. Maka hal ini mengakibatkan komputer menjadi lambat.

Pencegahan : anda tidak akan bisa melawan ini, karena ini sudah menjadi hukum alam.

Demikian sedikit pengetahuan tentang penyebab komputer lambat dan cara menanggulanginya. Saran saya hanyalah gunakan komputer anda dengan abik, dan rawatlah komputer anda secara rutin. Maka bisa jadi kinerja komputer akan bisa membaik. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

tags: , , , , ,

Related For Hal-hal Yang Mengakibatkan Lambatnya Komputer