Hardware dan Komponen Dasar Pada Komputer

Monday, July 10th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Dalam dunia teknologi Hardware sangat di butuhkan. Tanpa hardware komputer tidak bisa di operasikan. Untuk mengetahui Definisi dari Hardware, silahkan simak penjelasan tentang Hardware dibawah ini :

Pengertian Hardware

Hardware atau dalam arti bahasa Indonesianya Perangkat Keras adalah sebuah komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung maupun yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses computer.

Hardware dapat berkerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan padanya, atau juga di sebut dengan istilah insturiction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh hardwere tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh pemberi perintah.

hardware

hardware

Secara fisik komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu system. Sistem adalah komponen-komponen yang saling berkerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila suatu komponen tidak berfungsi , maka akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses  yang ada pada komputer dengan baik. Komponen komputer itu termasuk dalam kategori elemen Perangkat Keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer di bagi menjadi :

  1. Input Device (unit masukan)
  2. Proses Device (unit pemerosesaan)
  3. Output Device (unit keluaraan)
  4. Backing Storage (unit penyimpanan)
  5. Periferal (unit tambahaan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, proses, output dan storage.

  1. Input Device

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk di olah gunakan menghasilkan informasi yang diperlukan.  Input device atau unit masukan yang umunya di gunakan untuk personal komputer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit masukan yang menghubungkan pengguna  dengan komputer.  Selain itu terdapat joystick, yang biasa di gunakaan untuk bermain games dari komputer. Kemudian scanner untuk mengambil data yang sebagai gambar digital yang nantinya akan dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari pengguna dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara kedalam komputer.

Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi untuk memasukan data seperti huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media untuk pengguna untuk melakukan perintah lainya yang diperlukan seperti menyimpan file dan membuka file.

Mouse

Mouse adalah salah satu unit masukan. Fungsi dari alat ini adalah untuk perpindahaan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu lebih mudah dan lebih cepat untuk memerintahkan, di bandingkan dengan keyboard.

Touchpad

Unit masukan ini sering di temukan pada notebook atau laptop, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari, touchpad akan melakukan apa yang telah di perintahkan. Selain touchpad adalah model unitu masukan yang sejenis lainya seperti pointing stick dan trackball.

Dan ada lainya sebagainya untuk alat masukan.

  1. Pemerosesaan device (alat pemeroses)

RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu memori. RAM merupakan sebuah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara. Memeori bekerja dengan penyimpanan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat untuk di olah menjadi informasi.

Prosessor (unit pemerosesaan)

Prosessor atau yang sering di sebut CPU, adalah otak dari computer. Prosessor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan  komputer untuk bisa di gunakan menjelajah internet dan menjalankan system komputer.

Dan ada lain sebagainya untuk alat pemerosesaan.

  1. Output Device (Unit Keluaraan)

Monitor

Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai alat keluaraan data (output) yang menampilkan suatu grafis pada komputer tersebut. Maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.

Printer

Printer adalah alat keluaraan yang menghasilkan cetakan yang baik berupa tulisan maupun gambar dari komputer pada media kertas atau sejenisnya

Speaker

Speaker adalah alay keluaran yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponenya yang berbentuk selaput.

  1. Backing Storage (unit penyimpanan)

Harddisk (HDD)

Harddisk adalah sebuah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk terdapat piringan magnetis.

  1. Periferal (unit tambahan)

Modem

Modem atau modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses penumpukan data pada frekuensi gelombang  ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim kepenerima melalui media tertentu.

tags: , , , , ,

Related For Hardware dan Komponen Dasar Pada Komputer