Hati – Hati ada Malware Copet

Monday, November 7th 2016. | Internet
Sponsored Links

copt

Beberapa waktu yang lalu ramai berita nasabah bank yang kehilangan duitnya. Karena copet? Kalau dibilang copet sih kurang tepat. Kalau copet beraksi kan langsung ke nasabah. Ketika bertemu atau berpapasan langsung deh si copet beraksi merogoh tas, merogoh saku nasabah. Itu kalau copetnya manusia.

Pada kasus kali ini copetnya bukan manusia, tetapi program jahat yang ada di internet. berita resmi yang dilansir oleh Bareskrim sudah ada 300an nasabah bank yang melapor telah kecopetan uangnya.

Berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan oleh Subdirektorat Cyber Crime Bareskrim, diketahui pelaku melakukan aksinya menggunakan virus malware. Pelaku pencopetan dengan menggunakan bantuan malware ini merupakan sindikat internasional. Hingga saat ini pelaku tersebut masih diburu oleh Bareskrim.

Lalu bagaimana para pelaku tersebut bisa melakukan aksi copetnya kepada para nasabah bank?

Menurut keterangan resmi dari Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusu Bareskrim Polri Brigjen Victor Edi Simanjutak, ada dua penyebab kenapa aksi copet uang nasabah tersebut bisa terjadi. Yang pertama adalah karena nasabah tidak memahami betul bagaimana menggunakan internet banking dengan aman. Penyebab yang kedua adalah tidak tahu bahwa yang dia unduh adalah program jahat atau malware.1352122malware780x390

Aksi copet dengan malware tersebut di awali ketika nasabah melakukan transaksi keuangan melalui internet banking. Saat mereka mengakses suatau laman, kemudian disana terjadi transaksi keuangan disitulah para copet tersebut melihat celah. Mereka membuat laman palsu dan mengarahkan nasabah untuk menuju laman tersebut.

Setelah para nasabah tersebut terkecoh dengan laman palsu tersebut dan melakukan transaksi, nasabah kemudian diminta untuk mengunduh program nah program itu sebenarnya adalah malware. Ketika program tersebut di install ke gadget mereka, malware mulai akan melakukan infansi untuk merekam setiap tingkah laku nasabah termasuk saat nasabah memasukan username dan password.

Untuk kasus copet uang nasabah ini, malware tersebut dapat merekam kode – kode penting yang berhubungan dengan rekening nasabah. Cuman dari kasus yang telah terjadi, para copet tidak langsung menguras habis isi rekening nasabah. Mereka hanya membelokan transaksi yang berlangsung dari nasabah.

Cukup canggih dan hebat bukan copet jaman sekarang? Makanya anda harus hati – hati mulai dari sekarang. Apalagi anda sering aktif di dunia maya untuk berbisnis atau berbelanja menggunakan rekening pribadi anda.

Untuk bisa menghindari aksi malware copet tersebut:

  1. Kenali ciri – ciri laman palsu. Ciri yang mudah adalah ketika anda membuka laman suatu laman dan ingin melakukan transaksi kemudian anda diminta mengklik tautan laman yang lain dengan tujuan anda diarahkan kesana, maka laman itu biasanya adalah laman palsu dan anda patut curiga.
  2. Jangan mengunduh file, software, program yang tidak resmi
  3. Jangan memasang software atau aplikasi yang muncul tiba-tiba ketika anda mengunjungi suatu laman
  4. Jika terlanjur memasang software tersebut, remove atau uninstall dari browser atau juga dari komputer anda
  5. Gunakan antivirus untuk mencegah malware jalan – jalan ke gadget anda

Yang terakhir adalah anda sendiri yang harus lebih berhati – hati ketika ingin bertransaksi di internet. semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi anda. ikuti terus konten komputerlamongan.com untuk informasi penting lainya.

tags: , ,

Related For Hati – Hati ada Malware Copet