Heatshink, Pasta dan Prosesor Teman Dekat Tak Terpisahkan

Thursday, July 20th 2017. | Blog, Hardware, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Sebelum dibahas lebih dalam lagi kedekatan antara heatshink, pasta dan processor ada baiknya kita memahami dulu apa yang dimaksud dari tiga kategori tersebut diatas. Bagi yang sudah paham betul dengan jeroan dari PC atau komputer mungkin sudah tahu ketiga komponen diatas. Namun bagi yang masih baru di dunia komputer sebaiknya menyimak terlebih dahulu definisi dari ketiga komponen diatas agar tidak salah pengertian mengenai hubungan dari mereka. Hubungan ketiga komponen diatas memang sangat spesial, ketiganya salalu berdekatan bahkan enggan untuk dipisahkan. Lalu apakah yang akan terjadi bila komponen itu dipisahkan? Temukan jawabanya pada tulisan dibawah ini.

Heatshink jika diterjemahkan dengan metode kata demi kata maka akan ditemukan dua kata yakni kata “heat” dan “shink”. Dua kata tersebut berasal dari bahasa inggris yang apabila diartikan heat memiliki panas dan shink memiliki arti pendingin. Jika diterjemahkan dengan metode semantic maka didapat arti heatshink adalah alat yang digunakan sebagai pendingin panas. Pada komputer heatshink ini dapat ditemukan pada beberapa komponen seperti prosesor, vga,dan juga ram. Namun tidak semua ram memiliki heatshink hanya ram dengan kelas yang tinggi saja yang memiliki heatshink. Pada umumnya Heatshink ini terbuat dari logam aluminium. Sesuai dengan fungsinya untuk mendinginkan, logam aluminium ini sangat bagus untuk menghantarkan panas.

Heatshink

Heatshink

Mungkin bagi anda yang belum pernah melakukan bongkar prosesor belum pernah menjumpai pasta ini. Pasta ini biasa disebut thermal pasta processor. Bentuk pasta ini mirip seperti odol atau pasta gigi namun tidak ada yang rasanya papermint atau rasa buah lainya. Meskipun terkesan konyol namun pasta ini memiliki peranan yang sangat penting bagi prosesor. Fungsi dari pasta ini adalah untuk merapatkan atau untuk menutupi rongga udara antara prosesor dan heatshink. Nah jika antara heatshink dan prosesor terdapat celah atau rongga maka panas dari prosesor tidak akan terhantarkan ke heathink akibatnya adalah panas yang berlebih yang dialami oleh prosesor atau lebih dikenal dengan istilah overheat yang bisa berakibat komputer mati sendiri dan jika hal ini terus berlanjut maka dapat dipastikan prosesor akan rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Komponen yang terakhir adalah prosesor. Pada umumnya prosesor dikenal sebagai otaknya komputer atau pusat dari segala aktivitas komputer ini di proses dan atur di prosesor ini. Semua perintah kerja komputer diatur di komponen ini. Pada awal dibuatnya, prosesor ini memiliki satu inti bagian pemrosesan data atau disebut juga single core. Sehingga pada masa itu, untuk mendatatkan komputer dengan pemrosesan data yang cepat dibutuhkan lebih dari satu prosesor dalam satu komputer. namun setelah masa perkembanganya prosesornya akhirnya bisa hadir dengan inti yang lebih dari satu atau disebut juga multi core. Contoh multi prosesor seperti dual core, quad core dan lain sebagainya. akhir-akhir ini perusahaan besar asal Amerika merilis produk prosesor baru mereka yang lebih canggih dari pada dual core ataupun core to duo. Produk baru seperti core i3, core i5 dan core i7 kini merajai pasaran dunia prosesor.

Lalu untuk menjawab mengapa ketiga komponen, heatshink, pasta dan processor tidak dapat dipisahkan adalah karena ketiganya berkorelasi dalam satu unit. Processor yang aktif bekerja akan membuat prosesor menjadi panas, kemudian pasta yang terdapat diantara prosesor dan heatshink berfungsi meneruskan panas dari prosesor ke heatshink. Dan heatshink disini berfungsi menyebarkan panas dari prosesor ke udara sekitar. Jadi heatshink ini bisa mengurangi panas berlebih dari prosesor. Biasanya pada heatshink juga menempel kipas atau fan yang berfungsi untuk membantu proses percepatan pendinginan karena kipas tersebut mengalirkan udara panas keluar dari heatshink dan menyedot udara baru ke dalam heatshink. Ketiga komponen tersebut memang tidak boleh kurang satu saja dalam unit kerjanya. Misal pada prosesor tidak dilapisi dengan pasta maka panas yang terdapat pada prosesor juga tidak akan sepenuhnya tersalurkan ke heatshink. Panas yang tidak tersalurkan inilah yang menyebabkan prosesor mengalami overheat. Jadi masing-masing komponen tersebut harus selalu dirawat agar kinerja komputer bisa tetap optimal saat dioperasikan.

Incoming search terms:

  • jika prosesor tidak dilapisi pasta

tags: , ,

Related For Heatshink, Pasta dan Prosesor Teman Dekat Tak Terpisahkan