Info : Sekarang Facebook Mendominasi Dunia Maya

Wednesday, May 25th 2016. | Blog, Social Media
Sponsored Links

vsgg

Spektakuler, sekarang Facebook sedang mencapai pencapaian yang dasyat di bebagai belahan duina terutama di Negara kita sendiri yaitu Indonesia. Perhitungan saya sampai tanggal 22 februari 2010, 1.333.649 user Indonesia yang telah terdaftar di facebook. Pendapat lain dari situs nick burcher, sattistik 31 april 2010 mencapai perkembangan yang drastic, yaitu 2.325.840 user. Serta data terakir kemarin menyebutakan , bahwa Indonesia menempati peringkat ke tiga pengguna facebook di bawah amerika serikat dan inggris, dengan jumlah sebanyak 20.775.320 user. Berarti, hanya dalam satu tahun peningkatan sebesar 793 persen pengguna facebook di Negara Indonesia.

Pada saat saya ingin membuat artikel ini, saya sempat ada fikiran bahwa paling sebentar lagi akan muncul saingan dengan facebook yang bisa menghentikan geliat facebook. Tetapi, saya lihat-lihat tak ada tanda kemunculan sainganya facebook. Banyak, para netter (penggemar twitter) yang mengira bahwa twitter itu sainganya facebook. Tetapi bagi saya twitter bukanlah sainganya fecebook, karena bisanya para netter biasa menggabungkan kepemilikan pada dua situs yang berbeda ini. Hingga, perkembangan drastis facebook ini, tanpa di kira-kira sudah meluap ke negeri ini.

Mengintip pada situs jejaring social yang kemarin pernah booming di negara Indonesia, friendster, yang hanya Berjaya sekitar selama 5 tahunan di hati netter Indonesia, tetapi kejayaanya facebook sulit untuk dibendung atau dihentikan. Apabila kita menengok naiknya grade facebook dari awal tahun 2010, maka masih ada kemungkinan 4 tahun lagi untuk melongsorkan dominasi facebook sekarang ini. Tetai itupun, dengan syarat bahwa ada pesaing lain yang inovatif dan facebook berjalan berperang melawan common sense penggunanya.

Namun selama ini, media sosila facebook ini cukup cepat menanggapi riak-riak orang yang meninggalkanya. Keluhan jaminan privasi yang banyak dikeluhkan para facebookers cerdas (saya menyebutnya cerdas karena merekalah yang kritis kepada kebijakan privasi facebook, tidak seperti facebookers yang baru-baru saja, yang hanya asal isi data dan upload foto saja) di tanggapi dengan regulasi privasi yang lumayan menyenangkan. Dan hingga sampai sekarang kasus aksi angkat kaki besar-besaran dari facebook, masih dapat dikendalikan sejauh ini.

Walaupun, masih ada orang yang yang bisa menghindarkan dirinya dari hiruk-pikuk facebook ini, kelihatanya sangat sulit bagi orang yang mempunyai account di facebook untuk meninggalkan jejaring social yang paling terkenal ini. Penulis melihat bebrapa orang yang ingin keluar facebook ini itu karena motivasi agama, perlindungan privasi dan alasan yang lain sebagainya. Tetapi mereka, sebenarnya hanya bertahan sebentar, lalu lama kelamaan akan kembali mendaftarkan diri.

Ketika kehilangan account di facebook serasa kehilangan sim card seluler. Karena, sudah lama menggunkanya dan banyak teman di situ, banyak kontak, baik teman sekolah atau teman yang baru kenal, orang-orang yang populer yang kita kenali lewat facebook, telah membuat seakan-akan kita keluar atau tersisih dari pergaulan luas di era global. Bahkan, belum tentu teman yang kita kenali di facebook, nomernya ada di ponsel kita. Semua ini, penyebab utama bagi para member facebook sangat sulit untuk keluar.

Tanpa kita sadari, facebook telah menjadi hidup kita. Sekarang ini, makin maraknya gerakan anti facebook karena kasus palestina, padahal itu hanya tentang luapan emosi sesaat. Bagaikan pertempuran di rimba belantara, maka facebook adlah raja rimba di dunia maya. Apabila tidak ada saingan yang kuat atau sepadan maka sang raja akan tetap berkuasa dan mempertahankanya dengan kekuatanya.

tags: , , , , ,

Related For Info : Sekarang Facebook Mendominasi Dunia Maya