Informasi Definisi untuk Plotter dan Fungsi-Fungsinya

Tuesday, December 16th 2014. | Aksesoris, Hardware, Komputer, Multimedia
Sponsored Links

Plotter sangat mirip sekali dengan mesin printer, mengapa dikatakan sama? Karena jika dlihat sisi fungsi dan ara kerjanya itu sama dengan mesin printer yaitu mencetak gambar dari data masukan. Akan tetapi disini saya akan membahas tentang definisi plotter yang selengkapnya, dan saya kira ketika anda membaca atikel berikut ini, anda akan dapat membedakan apakah itu plotter dengan printer.

Definisi Plotter

Plotter merupakan mesin cetak yang secara output berupa grafis dengan bekerjasama menggunakan beberapa tinta pewarna, dan mesin ini dapat mencetak ukuran lebih besar dibanding dengan mesin printer yang hanya menggunakan media kertas seukuran seperti 4A, berbeda halnya dengan plotter yang dapat mencetak output suatu gambar grafis hingga ukuran yang luas dan besar seperti ukuran gambar arsitektur.

Mesin Plotter

Mesin Plotter

Informasi definisi Plotter juga dapat dikatakan sebuah mesin yang dirancang secara otomatis untuk mencetak grafis / gambar sesuai dengan data file masukan, misal kita sudah membuat gambar pada komputer, maka hanya cukup disambungkan dengan mesin plotter maka dengan pengaturan yang sudah diatur sebelumnya maka akan secara otomatis mesin plotter akan bekerja untuk mencetak gambar yang telah dimasukan tadi.

Cara kerjanya pun pastinya sama dengan cara kerja mesin printer untuk mencetak gambar, hanya yang membedakan adalah dari segi ukuran saja yang jauh lebih lebar dibanding dengan kertas printer.

Disini tidak hanya itu saja Informasi definisi dari Plotter, akan tetapi jenis-jenis plotter pun perlu diketahui. Berikut jenis-jenis Plotter :

1. Plotter Elektrostatis.

Plotter Elektrostatis merupakan sebuah mesin plotter yang menggunakan cara kerja sebagaimana dengan mesin fotocopy yaitu dengan cara menjabarkan kertas cetakan yang telah disediakan kepada sesuatu yang datar seperti lantai atau meja, lalu kertas tersebut diberi tegangan listrik gunanya sebagai penarik tinta pewarna untuk dilekatkan pada kertas, yang mana tinta itu harus dicairkan dahulu dengan pemanas.

2. Plotter Thermal.

Plotter Thermal merupakan plotter yang bekerja dengan cara menggunakan suatu pin yang mana dibentuk dengan cara elektronis guna untuk memanaskan pin yang kemudian pin itu akan diletakkan pada sebuah media yang mudah terkena panas, lalu dari proses itulah terbentuk sebuah gambar. Nah proses ini juga sebagai bentuk media untuk membuat cetakan kedalam bentuk kertas ataupun dalam bentuk film buram.

3. Plotter Pena

Plotter Pena merupaka plotter yang digunakan dengan cara kerja menggunakan media seperti halnya pena yang satu atau beberapa, yang mana pena tersebut memiliki warna-warna yang telah diberi, dan plotter pena tersebut biasanya digunakan untuk mencetak kedalam bentuk kertas ataupun dapat digunakan untuk mencetak dalam bentuk plastic yang transparan.

Akan tetapi plotter pena ini tidak menghasilkan gambar melainkan menghasilkan sebuah garis-garis, nah jika dalam pembuatan gambar pada kertas ataupun pada plastic transparan akan membentuk sebuah garis continue.

Dan masih beberapa lagi jenis Plotter yang belum saya sebutkan diatas, akan tetapi saya kira postingan ini sudah cukup membuat anda mengerti tentang Informasi Definisi untuk Plotter dan Fungsi-Fungsinya. Sehingga anda dapat mengetahui apa saja mesin cetak selain mesin printer yang selama ini sering sekali kita jumpai, entah itu didalam rumah, kantor, sekolah ataupun ditempat-tempat umum lainnya.

Incoming search terms:

  • fungsi plotter
  • pengertian plotter
  • apa itu plotter
  • plotter adalah
  • fungsi dari plotter
  • kegunaan plotter
  • pengertian ploter
  • fungsi ploter
  • fungsi plotter pada komputer
  • pengertian dan fungsi plotter
tags: , , , ,

Related For Informasi Definisi untuk Plotter dan Fungsi-Fungsinya