Ingin Cari Aman Gunakan Komputer Publik? Begini Tipsnya !

Thursday, March 23rd 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Komputer public merupakan komputer umum yang berada pada pada kalangan masyarakat pada umumnya atau pada tempat-tempat umum dan biasanya seringkali saya lihat pada toko warnet, dikelas komputer, maupun ditempat umum lainnya. Namun hal demikian akan membuat privasi atau rahasia akun anda menjadi terancam keberadaannya, itulah yang sebenarnya yang dapat terjadi ketika anda tidak meneliti resikonya terlebih dahulu ketika anda menjalankan operasi komputer pada komputer public.

Pernahkan anda membayangkan apabila kecerobohan anda ketika memakai komputer public dan memikirkan bahaya yang anda dapat ketika akun anda sudah tidak lagi memiliki privasi ? Pastinya jika seceroboh itu maka bukan lagi akun tidak terselamatkan, lain halnya privasi anda akan diacak-acak, bahkan dicuri data-data yang anda miliki, dan hal demikian adalah pelaku yang melakukan hack pada akun yang login pada komputer public.

Tips cara aman gunakan komputer publik

Tips cara aman gunakan komputer publik

Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diantisipasi para pengguna komputer apalagi yang sering memakai komputer yang bukan miliknya atau menggunakan komputer umum, seringkali hal ini diberi nama oleh masyarakat umumnya sebagai pembajak akun.

Karena itulah apakah anda Ingin Cari Aman Gunakan Komputer Publik?
Begini Tipsnya !

1. Hindari mencentang Auto Login

Disaat anda sedang ingin login kesebuah website ataupun social media, maka upayakan untuk tidak mencentang Remember me atau remember password, karena jika hal demikian anda centang maka ketika orang lain ingin membuka email serta password, maka email dan password anda akan muncul secara otomatis, dan apabila pengguna itu memilik karakteristik iseng pasti dia akan meng hack akun anda bahkan melakukan pencemaran terhadap isi akun anda sehingga akun anda menjadi tidak benar adanya.

2. Jangan tinggalkan jejak.

Ketika anda ingin meninggalkan atau log out dari akun anda, maka jangan sampai anda meninggalkan jejak terhadap keberadaan akun anda, nah untuk tujun agar tidak meninggalkan jejak dan agar tidak dilacak orang lain, alangkah baiknya apabila anda tidak melupakan cara yang satu ini yaitu selalu ingat untuk menghapus history data anda, hapus hasil download-an pada history, hapus pula bagian cookies, cache ataupun pada autofillnya.

3. Deteksi data dari virus komputer

Penggunaan komputer public tentunya banyak pemakai yang bergantian dalam penggunaannya, nah apakah anda tahu jika komputer tersebur terdapat virus ataukah tidak? Oleh karena itulah untuk menghindari penyebaran virus maka yang harus anda lakukan ketika anda sedang beroperasi dengan komputer publik dan anda ingin menyimpan data pada flashdisk misalnya, maka langkah pertama yang harus anda jalani adalah lakukanlah proses scan antivirus pada flasdisk anda, dan jangan lupa lakukan scan juga ketika anda ingin mencabut flasdisk anda, agar virus yang ada pada komputer dapat terdeteksi oleh antivirus.

Dari beberapa tips diatas dari artikel kali ini tentang Ingin Cari Aman Gunakan Komputer Publik?

Tips cara aman gunakan komputer publik

Tips cara aman gunakan komputer publik

, maka bisa diambi kesimpulan yang dapat mencangkup keseluruhan darinya yaitu anda supaya berhati-hati ketika anda sedang menggunakan komputer public atau umum, karena menggunakan komputer yang bukan milik pribadi kita sangatah rawan dan berbahaya apabila user ceroboh dalam menggunakannya.

tags: , , , ,

Related For Ingin Cari Aman Gunakan Komputer Publik? Begini Tipsnya !