Ingin Tahu Seberapa Banyak Sampah Elektronik Hasil dari Manusia

Monday, November 28th 2016. | Blog
Sponsored Links

Semakin bertambahnya pengguna alat elektronik dan juga selalu meningkatnya jumlah pengeluaran alat elektronik sudah menunjukkan bahwa perkembangan teknologi yang kian positif dalam pengggunaanya. Namun di lain sisi semakin berkembangnya teknologi  juga memperbanyak sampah-sampah yang selalu numpuk di tempat sampah elektronik. Karena di era sekarang ini pengunaan peralatan elektronik menjadi suatu keharusan yang tidak bisa terelakan lagi. Semua kegiatan orang yang dilakukannya saat ini tidak akan terlepas dari peralatan elektronik sedikitpun. Mulai dari peralatan kebutuhan pokok sampai kebutuhan tambahan.

Dengan kepraktisan dalam pemakaian serta terus meningkatnya tuntutan moderitas dan teknologi. Sampai sekarang dengan tanpa disadari terus bertambahnya sampah yang berasal dari hasil produk-prduk ini. Seharusnya dari pihak pemerintah harus lebih hati-hati dalam mengeluarkan persetujuan atau perijinan dalam pengeluaran produk baru secara terus-menerus karena di dalam produk elektronik ini mengandung komponen-komponen yang berbahaya bagi lingkungan dan komponen tersebut saat ini telah dikategorikan sebagai limbah B3 atau kepanjangan dari Bahan berbahaya dan Beracun.sampah

Semua sampah-sampah yang saat ini semakin banyak, akan memberi dampak buruk pada peningatan sampah elektronik yang seluruh dunia telah memproduksinya terus-menerus. Pada sebuah penelitian telah diungkapkan bahwa pada tahun 2014 yang lalu semua manusia sudah menghasilkan sampah elektronik sebanyak 41,8 juta ton. Penelitian tersebut dilakukan oleh United Nations University dalam sebuah study. Memang sangat menajubkan masalah yang satu ini, namun sampai sekarang juga tidak bisa mengurangi dari pemakaian alat elektronik yang ada adalah semakin bertambahnya penggunaannya.

Dibandingkan dengan sampah pada tahun 2013 kemarin jumlah sampah elektronik mengalami peningkatan yang sangat tragis. Sesuai kabar yang telah  saya ketahui bahwa jumlah sampah pada tahu 2013 kemarin hanya sebanyak 39,8 juta ton di seluruh dunia. Sampai sekarang dalam peghitungan, negara yang memproduksi sampah  elektronik paling banyak se-dunia adalah Norwegia. Di negara tersebut rata-rata per orang mengasilkan sampah 28,4 kilogram, dan untuk negara lain yang saat ini masi banyak menghasilkan sampah yaitu Denmark, Inggris Raya, Belanda, Swedia, Perancis, Amerika Serikat, Austria, dan Swiss.

Sampah-sampah tersebut mayoritas adalah dari peralatan dapur yang mana presentase dari peralatan dapur sampai 60 persen, itu data yang telah dimiliki para peneliti di tahun 2014 kemarin. Dan untuk sampak dari barang-barang gadget sesuai informasi sebanyak 7 persen, lebih rendah dibandingkan peralatan dapur.

tags: , ,

Related For Ingin Tahu Seberapa Banyak Sampah Elektronik Hasil dari Manusia