Ini Cara Kerja IDM

Monday, March 23rd 2015. | Blog
Sponsored Links

Internet Download Manager atau biasa dikenal IDM merupakan software yang bermanfaat mendownload file dari internet. Aplikasi ini memang tidak wajib di install di komputer tapi bagi yang menginginkan waktu download yang lebih cepat maka ada baiknya aplikasi ini ditambahkan ke dalam daftar program aplikasi yang terpasang di komputer.

Bagi maniak downloader, aplikasi ini sangat membantu mereka mendownload berbagai file. Seperti halnya namanya manager, tentu aplikasi ini memungkinkan downloader untuk mengatur file download mana yang ingin diunduh terlebih dahulu dari beberapa file yang sedang diunduh atau file mana yang ingin dioptimalkan pengunduhanya atau file mana yang ingin ditahan kecepatanya karena pada IDM juga terdapat fitur untuk membatasi kecepatan download.

Lalu, pernahkah anda berpikir bagaimana cara kerja dari IDM sehingga dapat mempercepat proses download?

Yang pertama yang harus anda ingat adalah Internet Download Manager atau IDM ini tidak dapa membantu meningkatkan kecepatan koneksi. Persepsi orang selama ini yang menganggap bahwa pemasanan IDM pada komputer dapat mempercepat koneksi internet. padahal cara kerja IDM sebenarnya bukanlah untuk mempercepat koneksi tetapi lebih ke proses download. Adapun untuk cepat lambat koneksi bisa dipengaruhi oleh hal lain seperti sinyal, kecepatan yang diberikan oleh operator dan lain sebagainya.

Cara kerja IDM hanyalah mengoptimalkan download dari server. Gambaranya adalah seperti ini ketika anda sedang mendownload file dari sebuah server komputer anda sebenarnya adalah sedang melakukan permintaan ke server tersebut untuk dapat mendownload file. Pada komputer yang belum terpasang IDM, komputer akan melakukan permintaan ke server dan mendownload file dari satu koneksi saja. Server sendiri sebenarnya mengizinkan satu IP untuk melakukan lebih dari satu koneksi untuk mengunduh file. Nah, inilah peran dari IDM yang melihat celah ini dan melakukan beberapa koneksi ke server tersebut.

Cara kerja IDM yang pertama adalah IDM melakukan proses testing terhadap server tersebut, apakah server tersebut support untuk beberapa koneksi untuk satu IP atau tidak. Jika ternyata server tersebut mendukung untuk beberapa koneksi, maka IDM selanjutnya akan meminta ke pada server tersebut untuk mengunduh file.idm

Jika anda perhatika pada gambar di atas, anda akan menemukan detail file yang sedang IDM request untuk di download. Pada contoh gambar di atas, IDM melakukan 8 request ke pada server tersebut. File yang di pecah ke dalam beberapa koneksi tersebut akan mempercepat proses pengunduhan. Ketika file sudah selesai di download, selanjutnya IDM akan menggabungkan file tersebut menjadi satu file yang utuh.

tags: , ,

Related For Ini Cara Kerja IDM