Ini Cara Membuat Smartphonemu Menjadi MiFi

Thursday, May 12th 2016. | Gadget, Internet, Jaringan, Tutorial
Sponsored Links

Smartphone, perangkat mungil dengan segudang kemampuan seperti komputer. kemampuan dari smartphone ini sudah tidak diragukan lagi. Dengan spesifikasi hardware 11 – 12 dengan komputer maka tak khayal, smartphone bisa dianalogikan juga komputer mungil.windowsphone

Jika dibandingkan dengan komputer desktop, smartphone jauh lebih menarik dan lebih mobile. Beberapa vendor ternama telah mempersenjatai smartphone dengan berbagai fitur yang menarik dan lebih lengkap dari pada desktop. Fitur kamera, touchscreen dan lain sebagainya semuanya sudah built ini didalamnya. Jadi pengguna tidak perlu lagi menambahkan perangkat tambahan untuk menunjang fungsinya.

Salah satu kemampuan menakjubkan dari smartphone adalah smartphone bisa dijadikan MiFi.

Apa itu MiFi?

MiFi merupakan kependekan kata dari Mobile Wifi. Istilah ini sebelumnya juga telah digunakan pada beberapa perangkat modem yang memiliki fungsi untuk berbagi WiFi. Tethering merupakan istilah yang diguanakan untuk berbagi jaringan internet ke perangkat lain. Nah, smartphone juga memiliki kemampuan untuk tethering.

Bagaimana tethering dengan Smartphone?

Tethering dengan smarphone pada dasarnya adalah membagi koneksi menggunakan paket data sim. Oleh karena itu data koneksi dari smartphone harus sudah diaktifkan. Caranya dengan :

  1. Buka menu setting
  2. Pilih cellular + SIMwindowsphonemenjadimodem_1
  3. Swipe ke kanan untuk mengaktifkan data connectionwindowsphonemenjadimodem_2
  4. Kembali ke menu setting, pilih internet sharingwindowsphonemenjadimodem_3
  5. Swipe ke kanan pada sharing untuk mengaktifkan fitur sharing
  6. Pada menu share tersebut, kamu dapat mengatur nama broadcast, password serta banyaknya device yang dapat terhubung ke smartphonemu. Jumlah maksimal device yang dapat terhubung adalah 8 device.

Seteleh pengaturan share selesai, selanjutnya nama broadcast WiFi kamu akan muncul atau terlihat pada device lain. Tetehering ini bisa digunakan pada berbagai perangkat. Tidak hanya sesame smartphone saja tetapi juga perangkat lain seperti tablet juga bisa terhubung dengan smartphonemu.

Catatan :

  1. Tutorial yang saya gunakan ini adalah tutorial untuk tethering menggunakan windowsphone. Namun tutorial ini sebenarnya juga bisa di aplikasikan pada perangkat pintar yang lain, karena pada dasarnya juga hampir sama. Hanya berbeda tampilan menunya saja.
  2. Ingat, tethering adalah membagi koneksi, jadi ketika smartphone digunakan untuk berbagi koneksi maka pemakaian kuota juga akan meningkat. Otomatis kuota yang kamu miliki akan cepat habis. Oleh karena itu sebaiknya pilih operator seluler yang menyediakan kuota besar untuk paket data smartphone kamu.

Incoming search terms:

  • cara membuat mifi
tags: , ,

Related For Ini Cara Membuat Smartphonemu Menjadi MiFi