Ini Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Mau Konek dengan LAN

Thursday, February 12th 2015. | Jaringan, Tutorial
Sponsored Links

Masih ingat jaman sekolah dulu dimana saat masuk ke ruang komputer terdapat banyak kabel LAN berserakan di lantai. Kadangkala kabel LAN tersebut tersandung hingga membuat siswa jatuh. Kadangkala kabel LAN tersebut di lepas pasang berkali – kali, tukar dari komputer satu ke komputer yang lain hanya karena komputer tidak mau terhubung ke komputer server.

Skema Jaringan LAN

Skema Jaringan LAN

Untuk mengatasi komputer yang tidak mau konek dengan LAN, berikut diberikan ulasanya dengan mudah :

  1. Berawal dari asal muasal sumbernya, komputer klien dan komputer server dapat terhubung dengan LAN melalui network adapter. Oleh karena itu langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa network adapter. Dengan cara :
  • Masuk ke control panel
  • Pilih Network and internet
  • Pilih Network connections
  • Perhatikan status dari network adapter apakah dalam keadaan disable atau tidak, jika disable maka ubah status network adapternya menjadi enable dengan cara klik Local Area connection, klik kanan dan pilih enable
  1. Periksa lampu indicator pada port RJ45 yang berada di bagian belakang cpu. Jika berhasil tersambung lampu indicator akan berkedip – kedip dan berwarna hijau. Pastikan kabel terpasang dengan sempurna. Jika komputer masih belum terhubung, coba cabut kemudian di hubungkan lagi ke port komputernya.
  2. Periksa perangkat router.
    router

    router

    Perangkat router merupakan perangkat yang mendistribusikan IP address ke seluruh komputer clien. Perangkat ini apabila mengalami masalah maka seluruh komputer clien yang meminta IP address tidak akan bisa mendapatkan IP alhasil komputer klien tidak akan dapat tersambung ke jaringan. Untuk mengatasi masalah ini coba reset router dengan cara menekan tombol reset beberapa menit kemudian melakukan pengaturan ulang router dari browser.

  3. Selain router, anda juga perlu memeriksa perangkat hub dan switch. Perangkat hub jika dalam keadaan baik dapat diketahui dari lampu indicator yang menyala dan berkedip – kedip. Untuk memastikan port hub dalam keadaan baik, dapat dilakukan dengan cara mencabut kabel utp kemudian dipindahkan ke port yang lain, perhatikan apakah komputer bisa konek atau tidak.
  4. Selamat mencoba semoga sukses mengatasi komputer yang tidak konek dengan LAN.

tags: , ,

Related For Ini Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Mau Konek dengan LAN