Install 2 OS Dalam 1 Komputer

Wednesday, February 11th 2015. | Software, Tutorial
Sponsored Links

Install 2 OS Dalam 1 Komputer | pada cara install windows 8 kali ini, saya berasumsi kalau komputer anda memakai windows 7. Anda ingin install windows 8 tetapi tidak mau kehilangan instalasi windows 7 yang sudah ada pada komputer. Banyak orang belum cukup siap dan berani benar-benar beralih ke windows 8.

Kamu bisa saja install windows 8 dengan menggunakan Virtual Machine, tetapi untuk benar-benar merasakan sensasi tampilan dan fitur winsows 8, tetap lebih nyaman untuk menginstallnya di partisi yang berbeda dengan OS sebelumnya.

Apa keuntungan dan kerugian dual boot / 2 OS Dalam 1 Komputer?

Keuntungan dual boot adalah kita tidak perlu repot dan khawatir dengan instalasi dengan OS yang sudah terinstall. Sumpah! Ganti OS terkadang lebih berat daripada ganti pacar. Apalagi untuk orang dengan tipe sentimental, hehehe….

Keuntungan berikutnya adalah kamu bisa menggunakan dua buah OS dalam satu perangkat saja. Kalau mau pindah, cukup dengan logoff, kemudian restart dang anti dech… Kemudian juga berhubungan dengan kompabilitas dengan software lama. Windows 7 bisa menjalankan aplikasi jadul dengan berjalan di windows XP Mode, windows 8 ogah memberi kemudahan seperti itu. Jadi kalau kamu punya banyak koleksi software jadul yang sudah terlanjur kamu kuasai atau sekarang aplikasi itu sudah discontinue, pilihan untuk dual boot adalah pilihan yang baik atau pilihan yang sangat tepat.

Kerugian dual boot utamanya terletak pada pemborosan resource komputer kamu. Instalasi windows 7 lengkap dengan program-program yang terinstall bisa mencapai beberapa puluh GB. Sementara windows 8 sendiri paling tidak butuh 30GB untuk instalasi minimal, jadi laptop atau PC-mu harus punya hard disk yang ekstra lega.

Baca dulu: Yang Harus Diperhatikan Sebelum Install Windows 8

Ok, kita penuhi dulu permintaan si windows 8, yaitu partisi kosong sebesar 30GB. Kemudian, meskipun pada proses membuat dul boot ini kita tidak mengutik-utik instalasi windows 7, tetap saja jauh lebih aman kalau kamu mem-backup file-file penting, berjaga-jaga kalau nanti ada yang salah.

Cara membuat partisi baru di Windows 7

Partisi baru ini kita buat sebesar 30GB. Untuk mudahnya ketikkan “Disk Management” di Windows Search Box, pilih program dengan deskripsi “Create and format hard disk partitions”.

Akan terbuka window Disk Management. Pilihlah drive dimana kita akan membuat partisi baru. Dalam hal ini kita akan mengubah drive C:. Sudah?? Nah, sekarang pilih “Shrink Volume” dengan cara klik kanan pada partisi yang di pakai-pilih “Shrink Volume”.

Disk Management

Disk Management

Berikutnya, tentukan besar partisi baru untuk windows 8. 30-40 GB sudah cukup memadai, sebenarnya 16 GB juga cukup, tapi nanti tidak aka nada cukup tempat kalau kita mau install software pendukung semacam Microsoft Office atau yang lainnya. Yang harus diingat 1 GB = 1024 MB.

Nah, sekarang kamu akan masuk di Inside the Simple Volume Wizard, biarkan saja besaran volume partisi baru ini pada posisi delfaut, masukan nama drive, dan format menjadi NTFS. Hehe, partisi baru anda sudah siap.

Install windows 8 dual boot dengan windows 7

Sekarang anda tinggal memasukan DVD Installer Windows 8 ke dalam tray DVD, dan reboot komputermu.

Yang paling krusial adalah ketika kita menentukan di partisi mana kita mau install windows 8-nya. Pastikan partisi yang baru kita buat tadi yang terpilih. Ikuti saja panduan yang muncul di layar sampai selesai. Komputer kamju akan restart beberapa kali dan ,tara… Selesai. Sekarang kamu sudah punya dua windows dalam satu komputer.

Incoming search terms:

  • cara instal 2 os dalam 1 laptop
  • cara membuat 2 os dalam 1 laptop
  • cara instal 2 os di laptop
  • cara instal 2 os
  • cara membuat dual os
  • CARA INSTAL 2 OS DALAM 1 PC
  • cara install 2 os
  • instal 2 os dalam 1 laptop
  • Cara membuat 2 windows dalam 1 laptop
  • cara install 2 os di laptop
tags: , ,

Related For Install 2 OS Dalam 1 Komputer