Internet Of Things Memacu Ekosistem Gadget

Tuesday, April 11th 2017. | Blog, Internet, Jaringan
Sponsored Links
internet of things

internet of things

Internet of Things atau disebut juga IOT adalah era dimana internet akan mengambil alih dunia pelayanan melalui jaringan internet yang terhubung. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. Sekarang ini Iot ini menjadi buah bibir dikalangan masyarakat baik produsen maupun konsumen.

Teknologi 4G LTE yang merupakan mega proyek yang dicanangkan oleh pemerintah. Dan kini mulai diamini oleh para operator seluler setelah surat izin untuk jaringan komersil diberikan oleh pemerintah. Telkomsel dan indosat adalah contoh dari operator seluler yang sudah mendapatkan surat izin dari pemerintah untuk mulai melakukan infasi terhadap jaringan 4G LTE.

Mengingat statemen dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang mengatakan, salah satu persyaratan agar operator seluler mendapatkan sertifikat layanan 4G komersil adalah operator seluler itu mau berkomitmen untuk memberikan layanan yang berkelanjutan. Operator seluler diharapkan tidak hanya memulai menggelar layanan 4G LTE saja, namun juga harus mempersiapkan ekosistem. “Ekosistemnya” yang harus sudah disiapkan, seperti handset apakah sudah ada apa belum, termasuk layanannya.

Dengan dikeluarkanya izin pada beberapa operator seluler, kini mereka mulai memasang ancang-ancang untuk membangun infrastruktur raksasa untuk mendukung jaringan mereka di tahun 2015. Tidak hanya membangun infrastruktur namun juga handset pendukung yang mulai ikut meramaiakan dunia berbasis Iot ini.

Handset yang berstandar 4G LTE mulai bermunculan dari beberapa pabrikan elektronik ternama, seperti Samsung, asus, blackberry, LG, Sonyericson dan lain sebagainya.Meskipun jaringan masih dalam taraf uji coba dan baru berlangsung dibeberapa wilayah saja namun dipenghujung tahun 2014 ini banyak pabrikan ternama sudah meluncurkan produknya yang bekerja sama dengan beberapa operator seluler.

Ekosistem dari IOT ini seperti akan dimulai dari smartphone yang saat ini banyak fitur canggih yang mendukung segala aktivitas yang mendukung layanan internet. Salah satu kecanggihan teknologi yang diusung smartphone dengan jaringan berbasis internet adalah konsep rumah pintar yang mana segala aktivitas dalam rumah bisa diawasi dan dikontrol melalui handset yang ada di genggaman. Seperti melakukan pengawasan dengan kamera cctv yang bisa langsung terhubung ke smartphone sehingga kapanpun setiap saat anda bisa mengetahui kondisi keamanan rumah anda dengan syarat ada jaringan internet.

Tidak sabar nampaknya menunggu ekspansi apa saja di masa mendatang yang bisa dihadirkan pada eranya internet of things. Mungkin kita hanya perlu duduk dirumah dan hanya dengan kendali smartphone atau handset lainya kita bisa mengerjakan pekerjaan kantor,jual beli barang lebih mudah, banking lebih cepat tanpa harus menunggu teller, dan lain sebagainya.

tags: , ,

Related For Internet Of Things Memacu Ekosistem Gadget