iPad mini vs Windows

Thursday, August 6th 2015. | Gadget, Komputer
Sponsored Links
iPad mini vs Windows

iPad mini vs Windows

Setelah pada tulisan yang lalu kita membahas tentang iPad vs windows, maka kali ini kita akan membahas tentang adiknya iPad yaitu iPad mini. Tema yang akan kita angkat pada artikel kali ini adalah iPad mini vs windows. Namun seperti pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, disini komputerlamongan.com tidak akan memberikan kesimpulan mengenai siapa yang paling jago atau siapa yang lebih unggul. Disini komputerlamogan.com hanya memberikan referensi bagi anda yang ingin membeli produk tersebut atau bagi anda yang hanya ingin membandingkan kedua produk tersebut.

Baik, langsung saja kita membedah terlebih dahulu dari iPad mini. Apakah anda dirumah sudah memiliki produk ini? Atau apakah anda memiliki keingingan untuk membeli produk ini? Maka disini tempata yang tepat bagi anda untuk mendapatkan rujukan mengenai spesifikasi yang menunjukan kelebihan dan kelemahan produk iPad mini.

Pasti sudah tahu kenapa disini iPad mini disebut adiknya iPad, tentu jawabanya adalah karena kapasitas penyimpanan yang dimiliki iPad mini lebih kecil dari pada yang dimiliki oleh iPad. Jika iPad memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32 Gb, iPad mini hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 16Gb. Kapasitas penyimpanan iPad mini ini adalah setengah dari kapasitas yang dimiliki oleh iPad. Oleh karena itu penulis disini menyebutnya iPad mini adalah adiknya iPad.

Sama seperti kakanya, iPad, iPad mini ini menggunakan sistem operasi IOS 8. Secara fisik, ketebalan yang dimiliki produk ini adalah 0,28 inch. Selisih 0,01 inch bila dibandingkan dengan iPad. Lebar layar yang dimiliki iPad mini ini juga sesuai dengan nama mininya. Ukuran displaynya hanya 7,9 nch. iPad mini juga hanya bisa membuka 1 apps sekali waktu. Berat iPad mini ini adalah 0,68 lbs atau sekitar 0,3Kg. iPad mini memiliki daya tahan baterai hingga 10 jam. Produk ini dibanderol dengan harga $249. Jika dirupiahkan harganya sekitar 3 jutaan.

Produk iPad mini ini juga memiliki kekurangan yakni dengan display yang lebih kecil dengan ukuran 7 inch. Namun ukuran display ini dianggap agak tanggung karena jika ditaruh dikantong tidak muat tapi kalau ditaruh di tas terlalu kecil. Dan dengan ukuran 7 inch ini akan sedikit kurang pas ditangan. iPad mini juga tidak bisa membuka apps lebih dari satu. Perangkat ini tidak memliki usb port sehingga untuk menghubungkan dengan perangkat usb dibutuhkan sebuah adapater. Sama seperti kakaknya, iPad mini juga tidak bisa dihubungkan dengan perangkat printer lain. iPad mini ini hanya bisa digunakan untu printer AirPrinter dari Apple sendiri. layanan penyimpanan cloud gratisnya sampai dengan 5Gb.

Lalu bagaimana dengan produk windows? Kali ini produk windows yang akan diperbandingkan dengan iPad mini adalah Asus VivoTab Note 8. Asus Vivo Tab Note 8 ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar yakni 32 Gb dan didukung oleh sistem operasi windows 8.1. Ketebalan produk ini 0,43 inch dengan berat 0,84 lbs atau 0,42 Kg. Asus Vivo Tab Note ini lebih berat dan tebal daripada iPad mini. Namun Asus ViviTab Note 8 ini memiliki ukuran display yang lebih lebar dibanding dengan dengan iPad mini. Ukuran display Asus VivoTab Note 8 ini adalah 8inch. Atau selisih 0,1 inch.

Kelebihan yang dimilkik Asus VivoTab Note 8 ini adalah perangkat ini sudah hadir dengan Microsoft Office Home & Student 2013. Asus Vivo Tab Note 8 ini memiliki port USB dan bisa dihubungkan dengan lebih banyak printer. Semua merk printer bisa dihubungkan ke produk ini. Selain itu Asus VivoTab Note 8 ini bisa multi tasking karena dia bisa membuka 2 apps sekaligus. Layanan cloud gratis yang diberikan produk ini sebesar 15Gb.

Jika dibandingkan dengan iPad mini, Asus Vivo Tab Note 8 ini memiliki kekurangan pada daya tahan baterainya. Kemampuan daya tahan baterai yang bisa dicapai Asus Vivo Tab Note 8 ini hanya sampai 7 jam. Dan perangkat ini juga lebih berat dari pada pesaingnya, iPad mini. Produk Asus Vivo Tab Note 8 ini dibanderol dengan harga yang sama dengan iPad mini yakni $249.

Kedua produk diatas memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Komputerlamongan.com hanya mengangkat sekilas tentang spesifikasinya yang menunjukan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Untuk menentukan siapa yang terbaik maka kesimpulan ada pada anda sendiri. Semoga tulisan ini bisa menjadi sumber referensi bagi anda dalam memilih perangkat untuk keseharian anda.

tags: , ,

Related For iPad mini vs Windows