Jangan Mau Membayar Tebusan Kepada CryptoWall

Wednesday, April 15th 2015. | Internet
Sponsored Links

Pemberian judul di atas mungkin terdengar sedikit ekstrim karena ada bagian kalimat yang menyebutkan membayar tebusan. Sepenggal kalimat ini terdengar seperti suatu tindakan criminal yang menuntut tebusan karena sudah menyandra korban.Tebusan, Sandra, cryptowall jika itu membuat kamu bingung, maka akan saya jelaskan secara perlahan – lahan.

Apa itu CryptoWall?

Ok, yang pertama kita mulai dari pengertian CryptoWall dulu. CryptoWall adalah virus semacam ransomware. Apalagi itu ransomware? Tenang tidak usah terburu – buru, saya bantu penjelesanya. Ransomeware adalah nama atau istilah generic untuk malware yang suka meminta tebusan kepada komputer korban.cyberaanval+virus+malware2

Karakteristik dari ransomeware ini adalah menginfeksi komputer dan kemudian mengenkripsi file tersebut. Setelah file tersebut berhasil dienkripsi maka pengguna komputer tidak akan bisa mengakses atau membuka file tersebut. Satu – satunya cara untuk membukanya adalah memenuhi tuntutan untuk membayar tebusan kepada pembuat malware tersebut.

CryptoWare memiliki karakteristik yang sama dengan ransomeware yaitu mengenkripsi file – file yang ada di komputer korban kemudian menutup semua akses dan menuntut tebusan agar file tersebut bisa dibuka kembali.

Bagaimana cara membayar tebusan kepada CryptoWare?

Ketika sudah berhasil melakukan enkripsi, selanjutnya CryptoWare akan mulai menyandera file – file dan menuntut tebusan dengan nilai nominal tertentu sesuai dengan yang diprogramkan oleh si pembuatnya. Beberapa kasus ada yang meminta tebusan hingga lima ratus dollar. Jika di rupiahkan kisaran lima jutaan.CryptoWall-2

CryptoWare mempunyai metode yang unik dalam membayar tebusan. Metode pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke TOR (Web Browser Anonim) menggunakan Bitcoins. TOR sebenarnya merupakan software gratis yang memungkinkan kamu untuk menjelajahi internet dengan tanpa nama. CryptoWare memanfaatkan ini dengan tujuan agar si pembuat malware tersebut tidak bisa terlacak identitasnya.

Cukup ngeri bukan jika kamu menjadi korban dari CryptoWare atau ransomeware. Apalagi jika kamu adalah pengguna windows. CryptoWare ini bisa mengenkripsi semua versi windows.

Jika kamu menemukan peringatan seperti di bawah ini, maka bisa dipastikan komputermu sudah terinfeksi oleh CryptoWare:

Decrypt service
Your files are encrypted.
To get the key to decrypt files you have to pay 500 USD/EUR. If payments is not made before [date] the cost of decrypting files will increase 2 times and will be 1000 USD/EUR Prior to increasing the amount left: [countdown timer]
We are present a special software – CryptoWall Decrypter – which is allow to decrypt and return control to all your encrypted files. How to buy CryptoWall decrypter?
1.You should register Bitcoin waller
2. Purchasing Bitcoins – Although it’s not yet easy to buy bit coins, it’s getting simpler every day.
3. Send 1.22 BTC to Bitcoin address: 1BhLzCZGY6dwQYgX4B6NR5sjDebBPNapvv
4. Enter the Transaction ID and select amount.
5. Please check the payment information and click “PAY”.

Supaya kamu tidak terinfeksi oleh CryptoWare ini, maka perbaikilah sikapmu dalam berinternet. Gunakan internet secara positif dan gunakan anti spyware agar bisa lebih aman saat berinternet.

Incoming search terms:

  • cara mengembalikan file akibat cryptowall
  • karakteristik ransomeware
tags: , , , ,

Related For Jangan Mau Membayar Tebusan Kepada CryptoWall