Jaringan Komputer Topologi Tree Menggunakan System Pohon Yang Bercabang

Friday, May 12th 2017. | Internet, Jaringan
Sponsored Links

Jaringan Komputer Topologi Tree Menggunakan System Pohon Yang Bercabang Merupakan Topologi Tree atau dalam bahasa indonesianya adaah Topologi Pohon. Kenapa Topologi kali ini dinamakan Topologi Tree? Apakah kalian tau alasannya? Jawabannya adalah karena topologi ini memiliki karakteristik seperti pohon, bukan bentukya seperti pohon, tapi memiliki cabang seperti pohon sebagai penghubungnya. Nah, pengertian yang lebih jelasnya, tengok dibawah ini yah, baca dan fahami, agar kalian tau apakah itu Topologi Tree atau Topologi pohon itu.

Jaringan Topologi Tree

Jaringan Topologi Tree

Apa itu Topologi Tree?
Sistem Topologi Tree atau Topologi pohon ini seperti gabungan antara system pada Topologi star dan Topologi Bus. Mengapa bisa seperti kedua Topologi itu? Karena System penghubungnya bertigkat seperti Topologi star yang dihubungkan dalam satu Topologi Bus, yang mana Topologi Bus tersebut berperan sebagai backbone atau kata lainnya adalah tulang punggungnya.

Nah, pada materi tentang “Jaringan Komputer Topologi Tree Menggunakan System Pohon Yang Bercabang” ini akan dijelaskan pada bagian Topologi Tree tersebut, topologi ini juga bisa dibilang memiliki system bertingkat, dan biasanya Topologi Tree ini dipakai untuk melakukan interkoneksi yang dilakukan antar sentral, yang mana dengan hirarki yang tidak sama alias berbeda. Sebagai gambarannya, tempat atau lokasi yang rendah, dia akan mendapakan hirarki yang rendah pula, akan tetapi sebaliknya, apabila pada semakin keatas lokasinya, maka dia juga akan mendapatkan hirarki yang tinggi pula. Oleh karena itu Topologi jenis ini sangatlah cocok untuk digunakan pada system jaringan, apalagi digunakan untuk jaringan WAN.

Selain itu di Topologi Tree pasti ada kelebihan dan kekurangan yang dipunya. Nah, kelebihan yang dimiliki oleh Topologi Tree adalah :

a. jika membentuk sebuah kelompok pada suatu jaringan dapat sewaktu-waktu digunakan dan dibutuhkan setiap saat.
b. pada Topologi Tree, koneksi yang terkait dapat dengan langsung terhubung dengan jaringan pusat.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh Topologi Tree adalah :

a. apabila ada simpul yang jaraknya lebih tinggi lalu juga tidak berfungsi, maka akibat yang terjadi adalah kelompok yang berada dibawahnya pun kerjanya menjadi tidak efektif.
b. proses pendeteksian juga kesalahan pada jaringan, sangat kecil untuk dilakukan.
c. dibandingkan dengan Topologi star, pada system lalu lintas pada Topologi Tree ini memiliki lalu lintas yang lebih padat.

Topik yang sudah ane sampaikan pada topic yang berjudul “Jaringan Komputer Topologi Tree Menggunakan System Pohon Yang Bercabang” aka lebih bermanfaat dan berguna apabila dapat dibaca dan difahami, karena jika dipraktekan di dalam system kerja, itu akan lebih tau dan lebih mengerti tentang topologi ini. Semoga lebih bermanfaat untuk anda semua.

tags: , , , ,

Related For Jaringan Komputer Topologi Tree Menggunakan System Pohon Yang Bercabang