Jelajahi Windowsmu dengan Menu Command Prompt

Friday, June 3rd 2016. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh microsoft. Perusahaan besar asal amerika ini menyertakan berbagai macam fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Terdapat banyak fitur baik untuk keperluan komputasi online maupun offline.

command-prompt

command-prompt

Salah satu fitur yang mungkin jarang digunakan oleh newbie (sebutan bagi pengguna komputer yang masih awam dengan komputer) adalah Command Prompt. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna baik untuk komputasi saat online maupun offline. Apa itu Command Prompt dan apa fungsinya? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Apa itu Command Prompt?

Command Prompt, jika kita membedah kata demi kata maka kita akan mendapatkan kata pertama “Command” yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah “perintah” dan kata yang kedua yaitu “Prompt” yang artinya adalah “cepat”. Jadi command prompt secara harfiah artinya adalah perintah cepat terhadap komputer untuk menjalankan setiap perintah yang dimasukan.

Fungsi command prompt

Fungsi command prompt adalah untuk mengetahui seluk beluk yang terdapat pada sistem windows. Karena keleluasaan command prompt dalam menjelajahi sistem inilah yang kerap kali digunakan oleh para cracker untuk menjalankan setiap aksinya. Banyak sekali fungsi dari command prompt ini, sesuai dengan perintah yang dimasukan ke dalamnya. Bahkan command prompt ini bisa juga digunakan untuk mendeteksi adanya virus di dalam komputer.

Bagaimana membuka jendela command prompt?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan tergantung sistem operasi yang anda gunakan.

Cara membuka command prompt dari windows xp:

  • Klik start
  • Pilih All programs
  • Pilih Accessories
  • Pilih command prompt

Atau bisa juga dengan cara

  • Klik start
  • Pilih Run
  • Ketik “cmd”

Cara membuka command prompt dari windows 8.1

  • Klik kanan pada start windows
  • Pilih command promt. Terdapat dua pilihan yang bisa anda pilih commond prompt dan command prompt (admin)

Untuk fungsi dan tampilan command prompt antara windows xp dan windows 8 tidak ada bedanya.

Contoh penggunaan command prompt untuk komputasi online adalah ping. Ping merupakan perintah yang digunakan untuk menguji koneksi internet. Ping ini sering digunakan untuk koneksi internet yang lambat agar pengguna tidak mengalami “RTO (Reqest Time Out)”. Dari menu command prompt ini anda akan mengetahui kualitas koneksi jaringan anda.

  • Buka jendela command prompt
  • Misal kita akan menguji koneksi dari host google maka ketikan “ping www.google.com” atau jika ingin proses pengujian ini berjalan terus ketikan “ping www.google.com –t”.

    ping test to google

    ping test to google

Arti dari pesan di atas adalah, komputer melakukan paket ping dengan 32 bytes data. Paket data PING terkirim 4, diterima 3 dan kehilangan 1. Data yang dikirim berukuran 32 bytes adalah ukuran buffer default pada windows. Fungsi dari buffer di windows adalah untuk melihat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman paket data. Jadi jika dilakukan pada host yang berbeda maka hasilnya akan berbeda pula.

Kemudian TTL 52, TTL merupakan singkatan dari Time to Live yaitu waktu maksimum komputer saat membalas paket ICMP atau disebut juga latency atau delay. Secara default TTL windows adalah 128. Semakin kecil nilai time dan paket loss dari hasil ping maka koneksi jaringan yang dipakai semakin baik.

Arti dari “round trip” adalah perjalanan paket PING dari komputer yang digunakan untuk melakukan PING ke host www.google.com kemudian kembali lagi ke komputer client atau bisa diartikan perjalanan pulang pergi paket PING dari host ke komputer client. Dari hasil percobaan diatas kecepatan rata-rata paket ping permili second adalah 72ms.

Incoming search terms:

  • menu comm di komputer
tags: , ,

Related For Jelajahi Windowsmu dengan Menu Command Prompt