Jenis Jaringan Berdasarkan Koneksi dan Berdasarkan Skala

Saturday, December 27th 2014. | Jaringan
Sponsored Links

Selamat pagi kawan, selamat datang di artikel saya kali ini. Di artikel ini saya akan menuliskan jenis – jenis jaringan berdasarkan koneksi dan juga berdasarkan skalanya, memang jaringan mempunyai beberapa jaringan namun kali ini saya hanya menuliskan tentang dua jenis jaringan saja dan jenis – jenis itu terurai dari beberapa kelompok, masing – masing kelompok akan mempunyain jaringan yang berbeda, pastinya kan.

jenis jaringan

jenis jaringan

Nah, di sini saya akan membahasnya agar kalian mengetahuinya dan dapat menjadi pengetahuan bagi kalian.

Jenis – Jenis Jaringan Berdasarkan Koneksi :

  • Broadcast links

Jaringan ini merupakan sebuah koneksi dari satu kanal komunikasi, yang mana kanal komunikasi itu hasil bagi dari jaringan ke semua peralatan. Dan juga broadcast links ini juga mendukung sebuah teknis agar teknis itu bisa di lakukan. Kemudian hasil dari teknis itu aka di masukan ke dalam Group yang biasa di sebut dengan Multicasting atau multicast.

  • Point to point links

Jaringan ini merupakan jaringan yang di batasi , biasanya koneksinya 2 endpoints. Di dalam jaringan ini juga terdapat istilah Unicasting, yaitu point to poin melakukan satu pengiriman dan satu penerima.

Jenis – Jenis Jaringan Berdasarkan Skala :

  • LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN adalah jaringan yang di batasi oleh geografis dan umumnya jaringan LAN ini skalnya relatif kecil, seperti contoh di sekolahan, di perkantoran tidak bisa jauh lebih dari 1 km2.

  • WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN ini sangat berbeda dengan jaringan LAN, jaringan yang di miliki oleh Wan sangat lebih luas dan lebih kompleks namun sedikit rumit. Biasanya jaringan WAN ini menggunakan satelit atau menggunakan kabel yang di salurkan melalui bawah laut. Sebagai contoh BANK yang terdapat di Indonesia ataupun di luar negara Indonesia biasanya menggunakan jaringan WAN.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN merupakan jaringan yang lebih luas di banding dengan jaringan LAN namun lebih terbatas di banding dengan jaringan WAN. Kalau jaringan WAN sangat meluas sedangkan jaringan MAN masih sedikit terbatas misalnya hanya bisa di gunakan dalam satu kabupaten atau satu kota.

  • Internet (International Network)

Jenis jaringan yang satu ini merupakan hasil gabungan dari dua jaringan yaitu jaringan LAN dan jaringan WAN. Jika kedua jaringan tersebut di gabungkan maka jaringan yang di hasilkan sangat luas bisa seluruh dunia.

Demikian yang bisa saya sampaikan untuk kalian, jangan lupa baca juga artikel 3 jenis jaringan yang belum saya tuliskan di artikel ini tetapi akan saya tuliskan di artikel selanjutnya, dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • Jaringan
  • jenis jaringan berdasarkan koneksi
  • point to pount termasuk henis jaringa berdasarkan
  • sebitkan jenis jenis jaringan brrdasarkan koneksi
tags: , , , ,

Related For Jenis Jaringan Berdasarkan Koneksi dan Berdasarkan Skala