Jenis-Jenis Lensa Kamera Berdasrkan Fungsinya

Tuesday, January 6th 2015. | Aksesoris, Gadget
Sponsored Links

Siang kawan, meskipun siang – siang panas begini tetap di sempatkan menulis untuk kalian loh. Makanya tetap semangat ya membacanya biar saya juga tetap semangat untuk menulisnya. Siang – siang ini saya akan menjelaskan berapa jenis – jenis yang di miliki oleh lensa kamera. Banyak jenis lensa kamera yang di punyai, di lihat dari segi apa saja. Tetapi dalam artikel kali ini saya hanya membahas jenis artikel berdasarkan fungsinya.

jenis lensa kamera

jenis lensa kamera

Kali ini saya akan menyinggung sedikit tentang pengertian lensa kamera, kenapa hanya di singgung ? karena saya sudah menjelaskan pengertian lensa kamera di artikel sebelumnya, yang ingin lebih jelas tentang pengertian lensa kamera silahkan baca artikel sebelumnya. Lensa kamera adalah alat yang mana mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kamera yaitu untuk memfokuskan objek yang akan kita potret. Lensa kamera ini juga bisa di katakan sebagai alat vital untuk kamera.

Jenis – jenis lensa kamera berdasarkan fungsinya :

  • Lensa kamera standar atau normal

Lensa kamera standar ini mempunyai focal length sebesar antara 35 mm hingga 70 mm. Yang umum di jumpai biasanya focal length sebesar 50 mm. Jika lensa kamera mempunyai focal length sebesar 50 mm maka itu seperti penglihatan mata manusia. Biasanya lensa kamera standar di gunakan untuk pemotret dokumentasi atau potret street, yang mana pothografernya harus bergerak cepat. Enaknya memakai lensa kamera standar ialah ringan dan mudah di bawa ke mana saja.

  • Lensa kamera medium telephoto

Lensa kamera medium telephoto mempunyai focal length sebesar 80 mm hingga 135 mm. Lensa jenis ini cocok di gunakan untuk memotret model karena dengan menggunakan lensa medium telephoto di jamin tidak akan mengalami distorsi.

  • Lensa kamera telephoto

Focal length yang di miliki oleh lensa kamera telephoto ialah sebesar 135 mm hingga mencapai 300 mm. Jangkauan yang di capai oleh lensa kamera telephoto ini cukup jauh juga, bentuk yang di miliki oleh lensa kamera telephoto adalah panjang. Biasanya jenis lensa yang satu ini di gunakan untuk memotret di bidang olahraga, karena lensa kamera telephoto bisa menjangkau jarak yang cukup jauh. Biasanya juga di gunakan untuk fotografer satwa liar. Mengapa lensa jenis ini di gunakan untuk memotret di bidang olahraga dan untuk potret satwa liar ? karena tidak mungkin kita harus mendekat hingga di tengah lintasan untuk mengambil gambar atlet dan tidak mungkin juga kita mendekat di depan harimau untuk memotret harimaunya, yang ada kita di serang terlebih dahulu hehe. Nah untuk itulah lensa kamera telephoto ini di ciptakan.

  • Lensa kamera super telephoto

Lensa super telephoto mempunyai focal length sangat tinggi yaitu di atas 300 mm. Kegunaan lensa super telephoto sama seperti lensa telephoto yaitu sama – sama di gunakan untuk memotert di bidang olahraga dan memotret satwa liar.jika seseorang membutuhkan lensa kamera di atas lensa kamera telephoto ya lensa super telephoto Nil;ah yang di cari. Biasanya menggunakan lensa kamera super telephoto membutuhkan tripod untuk menompang bagian depannya karena lensa ini lumayan panjang. Sesuai bentuk, ukuran dan fungsinya harganya pun mendukungnya untuk mencapai harga yang sangat tinggi.

  • Lensa kamera wide angle

Focal length yang dimilki oleh lensa wide angle ini cukup renda yaitu di bawah 20 mm. Lensa wide angle cocok di gunakan untuk memotret pemandangan ataupun untuk memotret orang banyak, karena lensa wide angle akan memberikan distorsi pada image dan juga kenangkapannya cukup lebar. Para fotografi landscape cocok menggunakan lensa kamera wide angle karena mempunyai penangkapan yang lebar.

  • Lensa kamera fisheye

Lensa kamera fisheye mempunyai focal length kira – kira di bawah 10 mm. Lensa kamera fisheye ialah lensa kamera yang unik. Bagaimana uniknya ? lensa kamera fisheye akan menghasilkan distorsi yang cukup besar hingga efek melingkar pada gambar akan terlihat. Lensa kamera fiseye adalah lensa kamera yang sangat spesial maka dari itu penggunaannya juga spesial.

Sekian yang bisa saya tuliskan, untuk jenis lensa yang lain silahkan anda baca artikel selanjutnya. Saya tunggu ya kedatangan anda untuk membaca.

tags: , , ,

Related For Jenis-Jenis Lensa Kamera Berdasrkan Fungsinya