Jenis-Jenis Monitor Berdasar Bentuk serta Kelebihan Kekurangan Monitor

Friday, March 3rd 2017. | Hardware, Komputer, Multimedia
Sponsored Links

Di artikel ini akan menjelaskan tentang monitor. Apa sih yang di maksud monitor itu ? itu pertanyaan yang kadaluwarsa bukan ? Ya di sini kalian bisa mengetahui apa itu monitor setelah kalian membaca artikel ini. Monitor adalah sebuah hardware yang berfungsi sebagai output device. Utamanya berfungsi sebagai alat untuk memunculkan laman kerja yang kita kerjakan. Nah monitor ini lah bagian utama perangkat komputer. Seandainya saja perangkat komputer ludah lengkap tapi tanpa ada monitor, apa kita bisa menggunakannya ? pastinya tidak kan.

Selain monitor mempunyai fungsi, monitor juga mempunyai banyak jenisnya. Nah di bawah ini saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh monitor. Jika anda ingin mengerti anda harus membacanya dengan baik. Jenis – jenis monitor serta kelebihan dan kekurangan monitor :

  • Monitor Cathode Ray Tube, sering di sebut monitor CRT. Monitor CRT ini sangat lama sekali pengeluarannya, meskipun begitu masih banyak yang menggunakan monitor CRT. Bagian yang tidak di miliki oleh monitor lain namun di miliki oleh monitor CRT adalah tabung, tabung pada monitor CRT merupakan tabung vakum atau tabung sinar katoda. Tabung vakum ini sangat berfungsi untuk monitor CRT, karena tabung vakumlah yang di gunakan untuk mempercepat serta membelokan elektron ke pada neon ini bertujuna agar terciptanya gambar di monitor.
    CRT monitor komputer

    CRT monitor komputer

    Adapun kelemahan pada monitor CRT adalah sinar elektron yang di keluarkan cepat membuat mata kita rusak dan akhirnya mata kita mudah lelah, beban yang dimilki lebih berat, selain itu monitor CRT juga bisa di bilang boros listrik . sedangkan kelebihan monitor CRT adalah harga pasti lebih murah, hampir semua resolusi dapat di tampilakn oleh monitor CRT, warna yang di reproduksi sangat baik.

  • Monitor LCD (Lyquid Crystal Display) merupakan monitor datar dan tinggi tingkat presisinya. Monitor LCD tersusun oleh partikel – partikel cair, namun cahaya yang di hasilkan itu bukan hasil dari kristal cair melainkan hasil dari neon yang terdapat di belakang kristal cair.
    Monitor LCD

    Monitor LCD

    Kelebihan monitor LCD yaitu : produksi semua ukuran, daya listrik lebih hemat, beban yang di miliki lebih ringan dan bisa di tempelkan di tembok jika anda menginginkannya. Adapun kekurangan yang dimiliki monitor LCD adalah harga yang mahal, terbatasnya sudut pandang dan lain – lain.

  • Monitor LED sangat mirip dengan monitor LCD, namun hal yang membedakan tidak begitu rumit hanya jumlah pixelnya, karena jumlah pixel-lah yang membuat gambar lebih tajam atau tidak, dan lebih baru di banding LCD.
    LED monitor komputer

    LED monitor komputer

    Kelebihan dan kekuranagn monitor LED hampir mirip dengan monitor LCD, hanya saja yang berbeda jumlah pixelnya.

  • Monitor Touchscreen ialah monitor keluaran terbaru, cara penggunaannya pun sangat mudah hanya di sentuh sudah beroperasi. Banyak orang yang menggemari dan menggunakannya sebagai monitor paling mudah.
    touchscreen monitor

    touchscreen monitor

    Kelebihan monitor Touchscreen : penggunaan Yat sangat mudah, lebih cepat pengoperasiannya dan tidak repot mencari tombol perintah. Adapun kekurangannya adalah jika layar Touchscreen terlalu berdebu maka penggunaannya tidak maksimal, layar terlalu sensitif, harga yang sangat mahal maka harus hati – hati dalam penggunaannya.

Demikian yang bisa saya tuliskan, jangan bosan – bosan membaca ya. Semoga selalu berguna.

tags: , , ,

Related For Jenis-Jenis Monitor Berdasar Bentuk serta Kelebihan Kekurangan Monitor