Jenis Kabel Lan dan Kecepatanya

Friday, August 19th 2016. | Aksesoris, Jaringan, Komputer
Sponsored Links

JaringanKetika berurusan dengan komputer dan jaringan, kita kerap kali dihadapkan pada beberapa istilah rumit seperti lan, Ethernet, internet, local area connection, vpn dan lain sebagainya. Dari beberapa istilah tersebut ada dua kata yang terkadang susah juga untuk dibedakan yakni Ethernet dan lan.

Bagi newbie, kedua istilah tersebut masih belum familiar di telinga. bahkan ada pula yang ketika salah persepsi ketika berkaitan dengan dua istilah tersebut. Lan dan Ethernet sama – sama berkaitan dengan kabel untuk menghubungkan tiap jaringan namun arti keduanya sebenarnya berbeda.

Lan merupakan singkatan dari Local Area Network. Ini merupakan jaringan antar komputer yang mencakupi suatu area tertentu. Misal area sekolahan, perkantoran dan lain sebagainya. sedangkan Ethernet merupakan teknologi jaringan. Nah kaitan antar keduanya adalah LAN merupakan jaringan sedangkan Ethernet merupakan teknologi yang digunakan pada jaringan tersebut dan kabel LAN adalah media transmisi yang digunakan pada jaringan tersebut.

Jenis kabel LAN yang digunakan pada jaringan tersebut juga akan berpengaruh pada kecepatan transfer data. Semakin tinggi standard yang digunakan oleh jenis kabel LAN tersebut maka akan semakin baik pula kecepatanya.

Oleh karena itu memilih jenis kabel LAN tidak boleh asal – asalan karena akan berpengaruh pada data transmisi. Perlu diperhatikan juga terhadap device yang digunakan apakah device atau perangkat tersebut sudah mendukung untuk transmisi kecepatan tinggi atau belum, jika device tersebut belum mendukung data transmisi kecepatan tinggi maka percuma menggunakan jenis kabel LAN dengan kecepatan yang tinggi. Mengingat harga jenis kabel LAN tersebut juga bervariasi.

jenis kabel LAN

jenis kabel LAN

Terdapat beberapa jenis kabel LAN seperti Category 5, Category 5e, Category 6 dan Category 6a. Biasanya jenis kabel LAN ini disingkat dengan CAT 5, CAT 5E, CAT 6 dan CAT 6A.

Secara fisik tidak ada perbedaan yang berarti dari masing – masing jenis kabel LAN tersebut. Namun jika dilihat dari kecepatanya, maka akan ditemukan perbedaan yang sangat jauh dari masing – masing jenis kabel LAN seperti yang ditunjukan pada table di bawah ini :jenis-kabel-Lan_03

Kabel CAT 5E sebenarnya sudah memiliki kecepatan yang sangat baik yaitu 1GB. Namun bila dibandingkan dengan jenis kabel LAN CAT 6, jenis kabel CAT 5E masih tertinggal jauh.

Perlukah mengupgrdae kabel lan?

Mengupgrade kabel LAN sepertinya tidak akan berpengaruh mengingat kecepatan data internet di negeri ini masih sulit untuk tembus internet kecepatan tinggi. Mengganti kabel LAN CAT 5 dengan yang lebih tinggi tidak akan memiliki perubahan yang berarti. Jadi mungkin belum perlu untuk mengupgradenya.

Incoming search terms:

  • kabel lan terbaik
  • jenis kabel lan terbaik
tags: , ,

Related For Jenis Kabel Lan dan Kecepatanya