Jenis USB Dari Masa ke Masa

Saturday, August 12th 2017. | Hardware
Sponsored Links

era-digital-empresarios-jpg

Kemajuan teknologi dari masa ke masa juga membawa dampak yang signifikan terhadap perkembangan setiap perangkat atau device berikut pula dengan connectornya. Connector merupakan bagian yang penting dari sebuah perangkat yang memungkinkan perangkat yang satu terhubung dengan perangkat yang lain. Tanpa adanya connector ini tidak mungkin perangkat yang satu dapat terhubung dengan perangkat yang lain. Misal satu unit komputer jika tidak memiliki connector maka mouse, keyboard dan berbagai perangkat keras lainya tidak mungkin dapat dihubungkan ke komputer.

Mengingat begitu pentingnya connector ini, maka telah diciptakan berbagai inovasi connector dari masa ke masa. Salah satu contohnya adalah connector USB. USB umumnya memiliki bentuk kotak namun pada perkembanganya bentuk ini telah mengalami perubahan. Terdapat beberapa jenis USB mulai dari yang pertama yakni Type-A hingga yang terbaru Type-C.

Jenis USB

  1. USB Type A

Jenis USB ini paling mudah kita jumpai dari berbagai perangkat yang tersedia saat ini. beberapa perangkat yang menggunakan jenis USB ini adalah flashdisk, joystick, mouse, keyboard dan masih banyak yang lainya. Bentuknya juga sangat familiar. Jenis USB ini memiliki bentuk kotak persegi panjang dan pipih.A

Jika anda pernah mendengar jenis USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0 itu adalah bentuk dari jenis USB A. Biarpun terdapat beberapa jenis dari USB type A ini namun, jenis USB ini dapat saling dimasukan dalam port USB yang berbeda. Misal USB flashdisk dengan USB 3.0 dapat digunakan pada komputer yang memiliki port USB 1.1 atau USB 2.0 begitu pula sebaliknya tidak ada masalah jika masing – masing jenis USB digunakan pada port USB lainya.

  1. USB Type Btype B

Jenis USB Type B ini biasa digunakan untuk peripheral seperti printer dan peripheral lainya. Terdapat beberapa jenis USB Type B diantaranya :

  • Original Standard

Biasa digunakan untuk device seperti priner atau scannerB

  • Mini USB

Biasa digunakan di kamera, smartphone dan device lainya

  • Micro USB

USB micro ini digunakan pada beberapa perangkat smartphone dan tablet

  • Micro USB 3.0

Drive portable biasanya menggunakan jenis USB ini

  • Standard USB 3.0

Jenis USB ini memiliki sangat mudah dikenali, ciri khasnya adalah berwarna biru

  1. USB Type CC

Type C merupakan jenis USB terbaru saat ini. jenis USB ini ramai diperbincangkan banyak orang. Jenis USB Type C memiliki bentuk yang kecil mirip seperti USB Micro B namun jenis USB Type C memiliki kelebihan yang tidak dimiliki USB micro B. Jika pada USB Micro B harus dipasang tepat dengan portnya dan tidak mungkin bisa digunakan kalau terbalik, namun Jenis USB Type bisa digunakan secara bolak balik. Jadi tidak perlu lagi meneliti bagian atas atau bawahnya, tinggal colok ke portnya jenis USB Type C bisa digunakan.

tags: , ,

Related For Jenis USB Dari Masa ke Masa