Jual Beli Dengan E-Commerce | Pengertian Serta Kegunannya

Thursday, June 15th 2017. | Blog, Internet, Komputer, Social Media
Sponsored Links

Sering kali para user internet mendengar kata e-commerce yang berarti suatu kegiatan yang dilakukan di internet dengan tujuan sebagai sarana tembar jual beli online. E-Commerce ini juga merupakan program dalam internet yang sering dipakai untuk kegiatan perdagangan online yang mana sering dijalankan oleh para bisnisman untuk jual beli produk, kegiatan e-commerce ini juga telah merubah cara berinteraksi perdagangan mereka, banyak sekali yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-commerce ini.

Belanja online dengan e-commerce

Belanja online dengan e-commerce

Karena mudahnya menggunakan perdagangan dengan e-commerce, maka semakin pesatnya sekarang ini semakin banyak pula jenis perdagangan yang ditawarkan dengan menggunakan media e-commerce ini, semua yang dilakukan seperti penjualan online, marketing, ataupun pembayaran yang dilakukan tidak secara langsung, semua itu dapat dijalankan dengan media e-commerce.

Nah agar lebih detail dalam pemahamannya tentang e-commerce, perhatikan pengertian serta kegunaan dari e-commerce.

E-Commerce berasal dari kata elektronik commerce atau dalam bahasa indonesianya perdagangan elektronik yang mana semua hal transaksi perdagangan dilakukan dengan online da pastinya cara kerjanya pun lebih mudah dan cepat. Media e-commerce mempermudah seseorang untuk melakukan transaksi elektronik akan tetapi dalam melakukan transaksi seseorang yang bersangkutan misal antara penjua; dan pembeli harus saling meyakinkan dan saling menjaga kepercayaan agar suatu kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan tepat.

Mengapa kepercayaan menjadi modal pertama dalam melakukan proses e-commerce ini? Karena tanpa kepercayaan yang kuat maka proses transaksi tidak akan berjalan baik. Karena memang terdapat suatu penjualan seperti iklan yang dimiliki oleh orang yang tidak baik, dan hasilnya adalah terjadi penipuan dalam penjualan, dan hal ini akan sangat merugikan bagi pembeli karena sudah terjebak dalam iklan tersebut .

Nah manfaat yang dapat diambil dari melakukan kegiatan dalam e-commerce ini diantaranya :

  1. dalam melakukan transaksi, hal ini dapat mempermudah proses transaksi melalui komunikasi antara dua pihak yang bersangkutan.
  2. e-commerce dapat meluaskan mangsapasar dalam penjualan produk melalui media ini dengan tanpa batasan jarak, waktu dan tempat.
  3. dalam pemromosian produk, e-commerce ini adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan kemudahan dalam menyebarkan dan memperkenalkan ke masyarakat luas .
  4. proses interaksi dan transaksi yang mudah dan cepat apalagi dalam hal pembayaran payment yang dengan mudahnya dikirimkan melalui online.

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan untuk melakukan transaksi dalam internet, akan tetapi para pengguna e-commerce ini juga harus hati-hati akan dampak buruk yang sering disalahgunakan oleh pemakai e-commerce yang tidak bertanggung jawab, salah satu contohnya dampak buruk yang sering dilakukan oleh pemakai e-commerce yang tidak bertanggung jawab tersebut adalah penipuan online, hal demikian merupakan kejahatan ketika pembeli tersebut membeli barang secara online akan tetapi barang yang dipesan tidak kunjung datang, peristiwa tersebut sangat sering dalam dunia transaksi online,

Bahkan tidak itu saja dampak buruk yang disebabkan oleh orang yang menyalahgunakan media transaksi ini, seperti kejahatan Carding yaitu merupakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit milik orang lain untuk melakukan proses perbelanjaan di internet.

Maka dari itu disarankan ketika sedang melakukan jual beli dengan media e-commerce supaya tidak mudah mempercayai produk dengan program yang tidak diketahui asal muasalnya, akan tetapi keuntungan yang didapat pun akan sangat mudah dilakukan hanya dengan menghadap komputer saja tanpa harus jauh-jauh mengunjungi toko tersebut. Tetapi dengan satu hal yang menjadi modal utama dalam proses transaksi tersebut yaitu dengan kepercayaan antara dua belak pihak.

tags: , , , ,

Related For Jual Beli Dengan E-Commerce | Pengertian Serta Kegunannya