Kasus Komputer Hang

Thursday, April 30th 2015. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Di saat sibuk bekerja dengan komputer tiba – tiba mouse ngambek tidak mau dijalankan sama sekali, kemudian keyboard ikut – ikutan ngambek juga. Di saat itu anda mungkin akan naik darah dan bersiap melahap komputer anda. Kasus komputer demikian biasa dikenal dengan istilah komputer hang.hang

Sebenarnya ada beberapa penyebab kasus komputer hang. Anda bisa menyimak konten lain di komputerlamogan.com dengan judul “Cari Tahu Yuk Penyebab Komputer Hang” untuk informasi yang lebih lengkap tentang beberapa hal yang menyebabkan komputer hang.

Kasus komputer hang terjadi tidak hanya saat komputer sudah menyala dan program sudah dijalankan tetapi juga bisa terjadi bahkan sebelum logo windows menyambut kedatangan anda (booting windows).

Beberapa kasus komputer hang bisa terjadi saat seperti di bawah ini:

  1. Komputer hang saat masuk bios

Ketika anda pertama kali menyalakan komputer, menekan tombol power, anda akan melihat tulisan yang muncul sekilas tentang firmware motherboard nah itulah yang dinamakan bios. Beberapa kasus komputer hang terjadi saat masuk bios. Ketika tampilan biosnya sudah keluar tiba – tiba proses biosnya berhenti dan komputer gagal booting.

Jika anda pernah mengalami kasus komputer hang saat masuk bios anda bisa melakukan cara seperti berikut:

  • Restart komputer anda, tekan saja tombol kecil yang ada disebelahnya tombol power
  • Masuk ke bios dengan cara menekan tombol DEL atau delete berulang kali, sebenarnya ditekan sekali juga bisa asal tepat pada waktunya namun jika tidak tahu kapan waktu yang tepat tekan saja tombol DEL berulang – ulang
  • Setelah masuk ke bios, masuk ke menu advanced bios feature
  • cari bioas cache
  • pilih disable
  • simpan atau tekan F10
  • enter

 

  1. Kasus komputer hang saat internetan

Kasus komputer hang saat internetan bisa disebabkan karena anda terlalu banyak membuka web pada browser anda sehingga browser anda mengkonsumsi banyak memori RAM anda. akibatnya kerja RAM terbebani kemudian komputer juga berat akhirnya komputer hang.

Beberapa browser juga menggunakan fitur untuk menggunakan hardware acceleration tujuanya adalah agar browser bisa menampilkan grafis yang bagus dan cepat saat bekerja. Namun akibat dari fitur ini adalah kerja RAM yang semakin berat. Oleh sebab itu anda bisa mematikan fitur ini agar RAM tidak terlalu terbebani.

Kasus komputer hang saat internetan juga bisa terjadi karena virus atau program jahat yang sedang ikut bermain saat anda internetan. Untuk mengatasi virus ini sebaiknya pasang antivirus, spyware dan lain sebagainya agar komputer juga tidak terbebani oleh aktivitas virus yang ikut menggunakan RAM anda.

  1. Kasus komputer hang saat main game

Kasus komputer hang saat main game biasanya disebabkan oleh panas yang berlebih yang terjadi akibat hardware bekerja terlalu berat dan sistem pendingin kurang mumpuni untuk mengatasi panas tersebut. Selain itu naik turunya daya listrik juga menjadi penyebab komputer hang saat main game.

Solusi untuk mengatasi kasus tersebut adalah dengan memasang sistem pendingin yang mampu bekerja efektif untuk menurunkan panas di dalam komputer. Gunakan power supply yang mampu menyalurkan listrik yang dibutuhkan tiap hardware dan gunakan pula stavolt yang bagus agar aliran listrik bisa lancar dan sesuai dengan daya yang dibutuhkan oleh komputer.

tags: , ,

Related For Kasus Komputer Hang