Kebiasaan Buruk di Depan Komputer yang Beresiko Terhadap Kesehatan Bagian 2

Sunday, May 1st 2016. | Blog
Sponsored Links

Sering kali pengguna komputer tidak menyadari bahwa terlalu lama di depan komputer juga beresiko terhadap kesehatan. Resiko ini mungkin tidak dirasakan langsung. Namun lambat laun resiko ini akan mulai terasa.

Ada beberapa resiko yang dapat langsung dirasakan akibat kebiasaan buruk di depan komputer ini. contohnya adalah nyeri pada leher, punggung, dan juga pandangan pada mata mulai kabur. Kebiasaan buruk tersebut jika dilakukan dalam jangka panjang maka tidak menutup kemungkinan untuk mengundang resiko yang lainya.

Seperti halnya yang sudah disebutkan pada content sebelumnya dengan judul “Kebiasaan Buruk di Depan Komputer yang Beresiko Terhadap Kesehatan Bagian 1”. Disebutkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama lebih beresiko terkena serangan jantung, diabetes, kanker usus, nyeri leher, melemahnya fungsi otak dan juga gangguan tulang belakang.

Selain beberapa resiko di atas, masih ada resiko lain yang berpengaruh terhadap kesehatan. Berikut ulasanya :

  1. Mengundang banyak penyakit

Terlalu lama menatap layar monitor baik untuk main game, aktif di dunia maya atau karena kesibukan pekerjaan membuat sebagian besar pengguna komputer menjadi lelah dan mengantuk. Untuk dapat menyingkirkan kantuk dan penat tersebut, secangkir kopi ditambah camilan yang beraneka macam selalu disediakan di atas meja dekat komputer.

Tidak sadar setelah camilan tersebut dimakan, bungkus dan sisa makanan berserakan ditempat komputer. kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus dengan kondisi ini akan mengundang penyakit berdatangan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa gadget termasuk mouse, keyboard, laptop dan smartphone memiliki bakteri 10 x lebih banyak dari pada toilet duduk. Perkembangan bakteri ini bisa disebabkan dari tangan kita sendiri. mengingat tangan secara alami hangat, berkeringat dan berminyak. Setelah memegang satu benda kemudian memegang benda lain maka bakteri pun akan ikut berpindah.bersih

Hal yang demikian diatas juga membuat pertumbuhan bakteri yang menempel pada mouse dan keyboard semakin baik. Belum lagi sampah dari camilan yang dimakan yang tertinggal diruangan juga mengundang berbagai binatang penyebar penyakit seperti lalat, kecoa atau bahkan tikus ikut menjadi penyumbang penyakit ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membersihkan ruangan komputermu dan juga peripheral yang sering kamu pegang misalkan mouse, keyboard atau peripheral lainya agar dapat meminimalisir resiko terhadap kesehatan kamu.

  1. Posisi duduk yang buruk

Apakah cara atau posisi dudukmu sama seperti gambar diatas? Atau mungkin kamu punya style sendiri saat duduk?

Kebiasaan duduk yang tidak baik tersebut dapat menimbulkan sindrom carpal tunnel. Dampak yang lebih terasa tentu pada perubahan posisi tulang. Bisa terjadi gangguan tulang khususnya tulang belakang.

Lalu bagaimanakah posisi yang baik saat duduk ?duduk idela

Idealnya, duduk di depan komputer harus tegak dengan postur yang baik. Kaki menempel di lantai dengan posisi tegak 90 derajad. Monitor tepat berada di depan kita dengan keyboard diletakkan sejajar dengan lengan.

Masih ada beberapa kebiasaa buruk dari terlalu lama di depan komputer yang belum diulas. Ikuti ulasanya pada konten berikutnya.

tags: , ,

Related For Kebiasaan Buruk di Depan Komputer yang Beresiko Terhadap Kesehatan Bagian 2