Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD

Tuesday, July 25th 2017. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari monitor. Monitor merupakan sebuah perangkat output atau komponen yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau visual dari sebuah perangkat komputer. Tanpa adanya sebuah monitor, pasti kita tidak akan melihat tampilan gambar dari hasil proses di dalam sebuah perangkat komputer.belajar-mengenal-jenis-monitor-komputer-LCD

Dengan seiring berkembangnya teknologi yang begitu pesat, maka perkembangan monitor pun juga begitu pesat. Memang banyak jenis dari monitor sendiri, yaitu seperti jenis Monitor CRT, Monitor LCD, Monitor LED, Monitor Plasma Gas, Monitor OLED. Namun pada artikel kali ini hanya akan dibahas mengenai Kelebihan dan kekurang dari jenis Monitor LCD saja.

Lebih jelasnya silahkan baca Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer

Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD

Berikut ini akan menjelaskan tentang Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD:

Kelebihan Monitor LCD

  • Ukuran dimensi monitor yang ramping

Bentuk dan ukuran monitor yang ramping dan tidak terlalu besar dapat menjadikan hemat tempat jika diletakkan, sehingga tidak perlu tempat yang luas untuk meletakkan monitor LCD.

  • Bobot yang ringan

Ukuran yang ramping berdampak juga pada berat atau bobotnya. Dengan bobot yang ringan, maka para penggunanya tidak merasa susah atau ribet untuk memindahkannya, sehingga pengguna akan lebih mudah membawa dan memindahkan monitor LCD.

  • Kualitas gambar yang baik

Monitor LCD menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik, monitor LCD menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih. Sehingga bagi para pengguna yang menyukai multimedia atau desain sangat cocok menggunakan monitor ini.

  • Sangat baik untuk mata

Monitor LCD menimbulkan radiasi yang lebih kecil sehingga baik bagi mata para penggunanya.

  • Daya listrik yang hemat

Para pengguna sangat diuntungkan jika menggunakan monitor LCD, karena konsumsi daya listrik yang lebih hemat. Monitor LCD mengkonsumsi daya listrik setengah dari daya yang dikonsumsi oleh monitor CRT.

Kekurangan Monitor LCD

  • Terbatasnya sudut pandang

Terbatasnya sudut pandang menjadikan gambar yang dihasilkan berbeda-beda, pengelihatan harus sejajar dengan monitor.

  • Masalah dead pixel

Dead pixel adalah adanya pixel yang mati dan mengakibatkan terjadinya titik hitam pada layar. Dead pixel dapat terjadi karena timbul dari gagalnya produksi atau dari bermacam aktivitas kita sehingga timbul dead pixel. Apabila layar terjadi atau timbul dead pixel maka kita para pengguna akan terganggu.

  • Layar LCD yang sensitif

Komponen layar LCD yang sangat sensitif, sehingga rentan terhadap benturan. Jadi para pengguna harus berhati-hati ketika membawa atau memindahkan monitor LCD.

  • Harga monitor yang mahal

Harga monitor LCD dipasarang masih terbilang mahal, sehingga belum semua kalangan dapat menjangkau harga dari monitor LCD. Harga servis juga mahal, hal ini dikarenakan masih sedikitnya para ahli dalam meperbaiki kerusakan monitor jenis LCD.

Demikian ulasan artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekura ngan lcd ko mputer
tags: , , ,

Related For Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD